Vaksin Booster Covid-19! Manfaat dan Penjelasannya

Vaksin Booster

Vaksin Booster – Negeri kita telah melakukan agenda vaksinasi covid-19 dosis (obat) ketiga (booster) pada bulan januari 2022. Boleh jadi ada sebagian orang yang bertanya, apa saja keuntungan dari vaksin booster ini? Vaksin booster tengah digalakan, terlebih selepas merebaknya kasus positif corona varian baru (omicron). Vaksin dosis ketiga atau vaksin boster ini diberikan untuk mematikan penyebaran virus covid-19.

Jika diamati dari segi kesehatan, vaksin booster berguna untuk membangun kembali efektivitas vaksin dosis 1 dan 2. Hal itu dikarenakan adanya penurunan antibodi sejak 6 bulan setelah vaksinasi, terlebih di tengah kehadiran varian covid-19 terbaru, yaitu omicron.

Vaksin ketiga dinilai bisa membangun efektivitas vaksin covid-19 yang sebelumnya sudah diberikan. Semakin lama efektivitas vaksin dosis 1 akan melemah, sehingga pertahanan terhadap virus pun rendah. Oleh sebab itu, diberikan vaksin bertujuan untuk membangun kembali antibodi yang telah rusah.

Keuntungan vaksin booster tidak saja baik untuk kesehatan, akan tetapi juga berdampak juga terhadap perbaikan ekonomi. Hal ini dikarenakan semakin menurunnya tingkatan orang yang terjangkit virus covid-19, maka aktivitas publik menjadi semakin produktif serta akan memperbaiki keadaan ekonomi.

Fakta Mengenai Vaksin Booster Covid-19

Pembagian vaksin dosis ketiga akan diberikan kepada masyarakan yang telah memperoleh dosis kedua lebih dari 6 bulan, memiliki usia di atas 18 tahun, lansia, orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, dan mengidap penyakit tertentu. Selain itu, pembagian vaksin booster dilakukan dengan homolog dan heterolog.

Akan tetapi wajib diingat, keadaan tubuh serta daya perlindungan yang diberikan vaksin pada tiap orang akan berbeda-beda.
Aspek lain yang dapat mempengaruhi ialah kesehatan tubuh, jenis vaksi, dan varian virus yang menyerang. Oleh sebab itu, memperoleh vaksin dosis ketiga dinilai jauh lebih baik. Berikur merupakan beberapa manfaat yang diberikan vaksin booster covid-19, yaitu:

  • Menangkal kontaminasi virus covid-19
  • Memelihara sistem daya tahan tubuh.
  • Memperkuat antibodi yang sudah terpelihara.
  • Memperpanjang masa perlindungan dari covid-19.

Bersama melaksanakan vaksinasi segera serta melakukan protokol kesehatan secara teliti, diharapkan penyebaran virus covid-19 dapat segera dikendalikan. Selalu menggunakan masker kertika melakukan aktifitas diluar, hindari kerumunan, serta rajin cuci tangan menggunakan air yang mengalir

Cara Memperoleh Vaksin Booster

Pemberian vaksin boster sudah mulai dilakukan dengan cara homolog dan heterolog. Kemenkes memberikan keterangan bahwa agenda pemberian vaksinasi dosis tiga akan dilakukan muali januari 2002 sebagai berikut ini:

Jika dosis 1 dan 2 sinovac, maka akan diberikan 1/2 dosis vaksin pfizer atau astrazeneca.
– Jika dosis 1 dan 2 astrazeneca, maka akan diberikan 1/2 dosis vaksin moerna.

Agar anda bisa memperoleh vaksin boster, anda dapat cek aplikasi pedulilindungi untuk mendapatkan tiket vaksin boster. Jika dosis kedua sudah diperoleh lebih dari 6 bulan, terkadang tiket vaksin boster akan otomatis muncul. Jika sudah memperoleh surat tersebut, artinya anda bisa memperoleh vaksinasi booster.

Pembagian vaksin boster dapat dilakukan di faskes, seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah dan daerah, dan pos pelayanan vaksinasi yang diakomodir oleh dinas kesehatan. Vaksin boster juga memiliki efek samping yang bersifat sementara, seperti nyeri di lokasi suntikan, demam, nyeri otot, sakit kepala serta kelelahan. Gejala tersebut bisa berbeda-beda setiap orang tergantung daya tahan tubuh serta respons dari tubuh. Tak perlu khawatir karena gejala tersebut alami dan menjadi ttanda bahwa kekebalan tubuh anda mulai bereaksi dengan vaksin yang diberikan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua dan ingat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar pandemi ini dapat segera kita akhiri. Terima Kasih


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *