Tips Cara Mencegah Kebakaran

Tips Mencegah Kebakaran

Tips Mencegah Kebakaran – kebarakan menjadi ancaman yang kerap membayangi kita, walaupun kita dapat menangkal kebarakaran akan tetapi bencana tidak dapat diprediksi kehadirannya. kerugian karena kebakaran tidak hanya mareti saja , akan tetapi juga terdapat keugian secara non materi.

peristiwa kebakaran kerap terjadi, penyebabnya karena kecerobohan penghuninya, mulai dari arus pendek listrik, gas yang meledak sampai benda-benda yang mudah terbakar yang ditempatkan disembarang tempat. Oleh karena itu, lebih baiknya kita menyimak langkah-langkah mencegah kebakaran dan peralatan yang wajib anda siapkan untuk proteksi ekstra dari bahaya kebakaran jika bencana tersebut mendatangi.

Berikut beberapa tips mencegah kebakaran dari indofamco :

1. Jauhkan Barang-Barang yang Mudah Terbakar dan Korek dari Anak-anak

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, seringkali melupakan ancaman yang barangkali terjadi jika memainkan barang-barang yang tidak sebaiknya berada di jangkauan mereka. Dalam mencegah kebakaran, simpanlah berbagai macam hal yang memicu terjadinya api seperti korek api, rokok, lilin serta peralatan elektronik agar tidak dibuat mainan dengan anak-anak.

2. Menghindarkan sumber api dari barang mudah terbakar

Putung rokok yang menyala dekat gorden sangat gampang mengakibatkan ancaman kebakaran, begitu juga dengan lat penerangan yang menggunakan api dan dibiarkan kurang pengawasan. Kawal pemakaian api serta jangan pernah meninggalkan api menyala di dekat barang yang gampang terbakar untuk meminimalisir kebakaran.

3. Menggunakan perangkat elektronik seperlunya

Jangan pernah menggunakan listrik pararel dikarenakan dapat menimbulkan konsleting listrik. Begitu juga dengan menghidupkan perangkat elektronik dalam durasi yang sangat lama. Tidak hanya membuat tagihan listrik membengkak, juga bisa membuat perangkat elektronik overheat sehingga menimbulkan konsleting listrik.

4. Siapkan dengan baik peralatan pemadam kebakaran

Adakalanya kebakaran terjadi sangat cepat tanpa kita sadari sebelumnya, walaupun kita sudah berhati-hati. Ketika itulah kita perlu memakai alat pemadam kebakaran seperti selang penyemprot air. Digedung bertingkat, perkantoran serta pabrik besar wajib memiliki apar dengan teknologi tinggi seperti yang dikeluarkan permen tahun 1980 tentang syarat pemasangan dan pemeliharan apar ringan.

Perlengkapan tersebut seperti fire hydrant, spinkler otomatic, wet pipe, dry pipe dan water spray. Alat tersebut bisa memadamkan api dengan cepat. Tidak hanya itu, kita wajib memasang detektor asap disemua ruangan. Detektor asap dibagi menjadi 2 jenis, yaitu photoelectric dan ionization.

5. Pentingnya edukasi tentang pencegahan kebakaran

Dalam mencegah terjadinya kebakaran ialah dengan memberikan pemahaman dan edukasi tentang kebakaran pada semua kalangan, baik anak-anak ataupun dewasa. Edukasi ini bisa dilakukan lewat penyuluhan di sekolah, mulai dari hal pertama yang wajib dilakukan ketika terjadi kecelakaan, metode menghindar dari kebakaran, dan cara meminimalisir kebakaran agar tidak terjadi. Untuk anak-anak edukasi bisa dilakukan dengan mengunjungi dinas pemadam kebakaran setempat, sedangkan untuk orang dewasa bisa dilakukan pengarahan di tempat tinggal ataupun perusahaan tempat bekerja.

6. Tempatkan barang berharga di dalam brankas

Bencana tidak bisa dihindarkan, maka kita wajib untuk melindungi barang-barang berharga di tempat yang paling aman. Menggunakan brankas untuk menimpan barang dan dokumen berharga agar tetao aman dari kebakaran. Anda dapat memilih brankas yang tahan api dan air serta memiliki sistem pengunci yang baik.

Itulah beberapa tips mencegah kebakaran. Sekarang anda telah memahami metode mencegah kebakaran di rumah serta perangkat yang harus disiapkan sebagai penjagaan ekstra jika terjadi kebakaran. Tidak perlu gelisah berlebihan, yang terpenting ialah anda tetap hati-hati dan siap melindungi keselamatan rumah anda dari ancaman kebakaran.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *