Tips Agar Cepat dan Mudah Memasang Keramik

Memasang Keramik

Punya keinginan mempunyai kediaman bersih yang selalu diidam-idamkan? Bimbang bagaimana cara memasang keramik supaya hunian terlihat lebih nyaman? Untuk perbaikan rumah kita tampaknya memerlukan tukang, namun untuk pekerjaan kecil seumpama menset keramik rupanya dapat melakukannya seorang diri.
Apa lagi teknik pemasang keramik ini tak memerlukan banyak skill untuk dikerjakan. Kebutuhan primer ketika memasang keramik ialah kehati-hatian serta ketelitian. Kehati-hatian dibutuhkan ketika memastikan jarak antar keramik, Teliti ketika memastikan ukuran semen untuk keramik. Sebab hal tersebut sangat vital, ketebalan semen yang tidak pas bisa mengakibatkan komposisi keramik menjadi bergelombang.
Dalam memasang keramik bisa di ibaratkan seperti menysun puzzle agar mempercantik lantai rumah. Melalui metode yang benar serta sederhana, kita dapat mengerjakan dengan cepat sehingga tidak menggunakan banyak waktu. Lantas, bagaimana teknik pemasangan keramik yang benar supaya cepat selesai? Simak baik-baik penjelasannya berikut.

Metode Memasang Keramik

Pertama kita wajib mempelajari teknik mengatur keramik yang baik dan cepat. Semestinya kita memahami terlebih dulu jenis-jenis cara penggunaan yang telah diketahui. Terdapat tigas jenis metode yang biasa dipakai dalam menset keramik, yaitu:

1. Metode Open Joint

Jika ingin memasang keramik dengan jaka lebih dari 3mm? Maka metode ini merupakan pilihan yang benar. Metode Open Joint bermaksud untuk meminimalisir pengembangan yang terjadi pada keramik, sehingga menggunakan jarak yang berselang waktu memasangnya.

2. Metode Closed Joint

Kebalikan dari Metode Open Joint, Metode Closed Joint dimanfaatkan untuk memasang keramik dengan jarak kurang dari 3 mm. Celah yang kecil ini dimanfaatkan untuk memasang bila menggunakan keramik dengan pori-pori rendah.

3. Metode Expansion Joint

Metode Expansion Joint adalah metode pemasangan keramik dengan jarak tidak sepenuhnya terisi semen, tetapi juga diisi barang seperti karet serta stereofoam yang berperan mengantisipasi ketika terdapat perubahan tekstur. Hal ini dilakukan supaya mengurangi insiden lantai pecah pada hunian.

Langkah Mengeset Keramik dengan Benar

Anda dapat menyelesaikan pemasangan keramik tersebut dengan langkah-langkah berikut. tahap-tahap ini akan gampang dilakukan bila anda sering melatih diri. Terdapat kurang lebih 7 tahapan serta metode yang dapat anda lakukan untuk memasang keramik di rumah. Berikut urutan tahapannya:

1. Mempersiapkan Alat & Bahan

Tips Memasang Keramik

Sebelum anda pasang keramik, tentunya anda wajib menentukan keramik yang akan dipakai. Bentuk serta ukurannya pun dapat disesuaikan dengan minat dan juga biaya yang anda miliki. Jika anda belanja keramik anda wajib menambah jumlahnya 10%, sebab untuk jaga-jaga bila anda memerlukan keramik untuk lantai yang tidak seukuran.
Anda perlu belanja produk tambahan seperti semen khusus keramik, papan, serta pengisi celah antar keramik. Jika bingung anda dapat meminta tolong ke penjaga toko untuk mengambilan alat pembuat jarak kerami (tile spacer). Alat yang terakhir yaitu meteran, benang tebal serta pensil ataupun spidol.

2. Menghitung Luas Ruangan

 

Memasang Keramik

Selepas seluruh perlengkapan komplet (termasuk keramik) . tahapan berikutnya yaitu anda mesti menghitung luas ruangan memakai meteran. Seret meteran dari kiri ke kanan dan bawah ke atas, lantas berikan kode di tengah ruangan. Tempelkan benang berdasarkan garis serta potong benang tersebut, benang tersebut bertujuan untuk garis penanda ketika anda ingin memulai memasang keramik.

3. Pasang Keramik Tanpa Semen

Memasang Keramik

Tahap berikutnya yaitu mencoba mengatur keramik tanpa semen. Hal ini bermaksud untuk melihat keramik apakah dapat dipasang secara menyeluruh atau tidak. Cara nya dengan meletakkan keramik tanpa memakai semen sesuai garis yang telah dibuat sebelumnya.
Anda bisa mengamati, apakah semua ruangan dapat dipasang keramik secarah menyeluruh atau anda harus memotong keramik terlebih dahulu. Gunakan tile space agar ada jarak yang pas antara keramik dengan lantai yang telah disusun.

4. Merendam Keramik

Memasang Keramik

Langkah terpenting ketika menyetel keramik, tetapi selalu dianggap sepele serta dilupakan yakni merendam keramik. Tahap ini bermaksud untuk membuka pori-pori dalam keramik agar mudah menyerap air.
Tidak hanya itu merendam keramik ke air bisa membuat keramik menjadi fleksibel. Sebab sifat air yang bisa membantu menangkal keramik agar mudah lepas ketika sipasang pada lantai.

5. Pilih Kualitas Keramik yang Terbaik

 

Memasang Keramik

Anda wajib memesan keramik berkualitas untuk dipasang pada lantai. Mengapa? keramik dengan mutu rendah susah dipasang secara sejajar, bisa dibilang keramik mutu rendah mempuyai ukuran yang tidak sama.
Dengan begitu keramik akan susah untuk dipasang secara benar. Buatlah celah antar keramik dengan jarak 0,2 hingga 0,5 milimeter, supaya tidak saling berdempetan ketika dipasang.

6. Pasang Keramik

Memasang Keramik

Tahap selanjutnya yang wajib anda kerjakan ialah membalurkan air semen di sisi bawah keramik. Semen berperan untuk perekat yang menjadikan sisi bawah keramik bisa melekat pada plesteran. Serta membuatnya melekat sempurna pada lantai.
Bersihkan keramik terlebih dari kotorang serta batu kecil dahulu sebelum dipasang. Hal ini dilakukan sebab kerikil yang melekat bisa menghasilkan celah di sisi bawah keramik serta menjadi tidak rata ketika ditempelkan.
Metode pemasangan keramik yang benar ialah dengan memulainya pada 1 tempat terlebih dulu. Pakai papan perata semen ketika memasang keramik, dengan teknik membalurkan semen secara tipis. Selanjutnya tempel keramik dan tekan dengan kuat.
Saat satu garis keramik telah terpasang, anda dapat menindih permukaan keramik memakai papan yang rata. Manfaatnya untuk menguatkan keramik mempunyai ukuran tinggi yang sama. Selalu gunakan tile spacer untuk membuat jarak antar keramik.
Apabila telah selesai memasang, semestinya diamkan keramik sampai betul-betul kering. Sebelum anda membalurkan nat keramik, sebaiknya kamu menegaskan nat memenuhi seluruh bagian dengan merata. Sebab jika tidak akan mengakibatkan keramik bertabrakan satu dengan yang lain.

7. Amankan Wilayah Pemasangan

Memasang Keramik

Tahap final yang wajib anda kerjakan ketika mengatur keramik ialah mengamankan wilayah tersebut. Semestinya anda mengatur ruangan yang baru saja dipasang, supaya tidak diinjak orang lain. Sebab keramik yang baru dipasang sangat rapuh bila diinjak.

Itulah 7 tahap untuk mengeset keramik sendiri dengan mudah. Sesudah mengerti teknik pasang keramik sendiri, apakah anda bisa melakukannya sendiri? Sebaiknya memasangnya ketika musim panas supaya semen dan pasir yang digunakan untuk perekat cepat kering.
Dengan memahami artikel tersebut anda dapat mengatur keramik di ruangan berskala kecil, tanpa menggunakan jasa tukang. Disamping itu anda juga mendapat ilmu dan skill terbaru tentang bagaimana cara memasang keramik sendiri.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *