teknik sterilisasi

Teknik Sterilisasi Dalam Industri

Melihat kondisi dunia saat ini yang membutuhkan sikap dari semua pihak dalam mengurus pandemi Covid-19, membuat industri medis menjadi sorotan. Karena tanpa adanya bantuan tenaga medis beserta alat – alat yang layak, maka penyembuhan dari virus tersebut pastinya sangatlah sulit.

Berbicara mengenai alat medis, sebenarnya diperlakukan teknik sterilisasi yang baik dan benar agar tidak ada virus yang bertahan di alat tersebut. Sebenarnya dalam persoalan ini ada macam – macam teknik sterilisasi yang bisa dilakukan.

Alat medis sudah pasti sangat dibutuhkan pada saat ini. Belum lagi digunakan secara terus menerus. Namun demi bisa menjaga kebersihan dari alat tersebut, maka dibutuhkan teknik  sterilisasi. Jangan sampai alat medis malah menjadi media pembawa virus yang bisa membuat orang – orang yang menggunakannya menjadi terjangkit penyakit.

Pengertian Sterilisasi

Sterilisasi merupakan proses penting yang harus dilalui sebelum melakukan penelitian yang berhubungan dengan mikroorganisme. Sterilisasi dilakukan pada semua alat dan bahan yang akan digunkan dalam percobaan, baik peralatan laboratorium maupun medium pertumbuhan mikroba.

Melalui sterilisasi, seluruh mikroba patogen dapat mati, sehingga tidak sempat berkembang biak. Sterilisasi pada percobaan ini merupakan sterilisasi secara fisik yang menggunakan panas dari dalam autovaklav, dimana panas yang digunakan berasal dari uap air sehingga disebut sterilisasi basah. Dengan kondensasi akan terbentuk embun yang dapat menyebabkan keadaan lembab yang cukup untuk membunuh kuman, sehingga menjadi steril.

Autoklaf merupakan alat sterilisasi untuk media agar mikroorganisme dapat tumbuh dan berkembang. Di laboratorium terbagi menjadi dua yaitu yang digunakan untuk sterilisasi alat dan medium yang akan dipakai, serta yang digunakan untuk destruksi atau sterilisasikan agar apat terjadi aliran uap yang cukup baik.

Sterilisasi tidak hanya dilakukan pada awal percobaan saja, tetapi juga perlu dilakukan setelahnya pada bahan yang sudah selesai dipakai dengan cara destruksi. Destruksi adalah suatu cara untuk merusak atau menghancurkan bakteri penelitian yang tidak digunakan lagi.

Berfungsi agar bahan tersebut tidak menimbulkan bahaya bagi lingkungan yang dikenai atau dikontaminasi olehnya.

Macam-macam Teknik Sterilisasi

Ada beberapa metode dalam sterilisasi, yaitu Dalam metode kimiawi, sterilisasi yang dilakukan menggunakan zat – zat kimia. Jadi, alat – alat medis yang memang bisa terkena air akan direndam ke dalam larutan kimia yang bisa mematikan kuman, bakteri, dan virus.

Bisa dibilang metode kimiawi menjadi metode yang paling awal dilakukan dalam steriliasi. Setelah menggunakan metode kimiawi, terkadang masih banyak yang memutuskan untuk melakukan metode lainnya sebagai pelengkap agar alat media semakin bersih.

Ada juga teknik sterilisasi yang menggunakan metode panas uap, yaitu sterilisasi yang menggunakan uap bertekanan. Uap tersebut dihasilkan dari panas yang diciptakan sedemikian rupa agar bisa mematikan virus dan bakteri berbahaya.

Agar bisa mendapatkan uap panas bertekanan yang baik, maka perlu mendidihkan air lalu dipadukan dengan tekanan tinggi. Namun dalam penggunaan metode panas uap, dibutuhkan alat bernama autoclave agar diproses bisa berjalan dengan lancar.

Metode Panas Kering, untuk metode panas uap, biasanya disebut juga metode panas basah. Selain itu, ada juga panas kering. Untuk bisa menghantarkan panas tapi tetap kering, proses sterilisasi selalu menggunakan sterilisator kering atau dry heat sterilizer.

Dalam penggunaannya, biasanya panas akan diradiasikan ke seluruh ruangan menggunakan sterilizer yang memiliki bentuk menyerupai inframerah. Selanjutnya, panas akan menyebar ke seluruh ruangan secara merata hingga bisa membuat alat – alat media di dalamnya menjadi steril.

Memang metode panas kering ini bisa langsung digunakan untuk satu ruangan langsung, bukan per alat media.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *