Tanaman Hias – Penjelasan dan Cara Budidayanya

Tanaman Hias

Agar memperindah lingkungan, tanaman hias bisa menjadi solusi jitu. Menggunakan tanaman alami untuk memberikan nuansa indah akan menjadikan kelebihan dari sisi kesehatan. Ragam tumbuhan yang dapat digunakan untuk tumbuhan hias sangatlah bermacam-macam.
Anda dapat menggunakan tanaman berbunga, pohon, rumput maupun flora lain. Indofamco akan mengulas secara mendetail tentang penjelasan tumbuhan hias, jenis hingga pemanfaatannya.

Penjelasan

Tanaman hias merupakan tanaman yang ditanam dengan tujuan memperindah lingkungan. Jenis tanaman ini dapat ditanam untuk tambahan desain, ditanam pot yang diletakkan pada rumah.
Orang mengira tumbuhan hias identik dengan bunga saja. Tetapi bagian lain dari tanaman juga menunjukkan apakah sebuah tanaman termasuk tumbuhan hias. Karena keindahan dari tanaman bisa didapan dari daun, buah maupun kulitnya.
Bau wangi tumbuhan bisa masuk dalam kriteria tumbuhan hias. Misalnya tanaman yang tak berbungan tapi kayunya memiliki aroma yang khas. Sebab karakter yang dipunyai, maka tanaman ini dapat ditaruh di lingkungan rumah.

Jenis-Jenis Tumbuhan Hias

Terdapat beberapa jenis tumbuhan hias yang ada di Indonesia. Menurut jenisnya, tanaman ini dibagi menjadi 5 bagian, yaiyu tumbuhan hias bunga, daun, buah, akar serta batang. Sementara itu menurut tempatnya, ada 3 yaitu tumbuhan hias biasa, gantung dan air.
Sesudah memahami jenis dan lingkungannya, anda dapat melihat contoh dari 5 jenis tanaman tersebut sebagai berikut:

1. Tanaman hias bunga

Tanaman hias bunga merupakan tanaman yang memiliki bentuk bunga yang cantik dengan beragam warna. Tumbuhan jenis ini bisa meningkatkan keindahan lingkungan serta membuat terlihat segar.
Anda dapat menanam tumbuhan jenis ini pada pot maupun di media tanah langsung. Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang dapat anda tanam didalam maupun luar. Sebagai contohnya anda dapat menanam Bunga Anggrek, Mawar, Melati, dan lain sebagainya.

2. Tanaman hias daun

Berikutnya ada tanaman hias daun yang merupakan beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pesona dan ciri khas pada daunnya. Banyak peminat tumbuhan jenis ini di Indonesia, terlebih jika seorang kolektor bunga.

3. Tanaman hias buah

Selanjutnya ada tanaman hias buah yang menonjolkan dalam segi buahnya. Salah satu tumbuhan buah adalah tanaman jeruk nagami. Tanaman yang menghasilkan jeruk dengan ciri khas bentuk buah yang oval dan berukuran kecil.
Tidak hanya ditanam untuk penghias rumah, akan tetapi anda dapat memakan buahnya secara langsung. Yang menarik dari jeruk ini adalah sering berbuah dan kulitnya memiliki rasa yang lebih manis dibandung isinya.

4. Tanaman hias akar

Keempat ada tanaman hias akar yang memiliki kelebihan di bagian akarnya. Beberapa macam tumbuhan akar yang sering ditanam ialah ficus benyamina, ficus elastica, canarium spp, dan masih banyak lagi.

5. Tanaman hias batang

Terakhir ada tumbuhan hias batang merupakan semua jenis tumbuhan yang mempunyai pesona batang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan sengaja maupun tumbuh secara alami.

Keunggulan Memiliki Tanaman Hias

Teknik budidaya tumbuhan hias memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

1. Memperindah lingkungan

Tumbuhan hias memiliki keunikan dan keindahan masing-masing yang dapat memperindah lingkungan. Mereka dapat menambah warna dan tekstur pada ruangan atau area yang ditanami.
Tanaman hias dapat menjadikan lingkungan menjadi lebih hijau dan segar. Hal positif ini dapat berpengaruh pada orang yang berada di sekitarnya. Kombinasi warna dapat membuat lingkungan menjadi lebih fresh.

2. Menjadi penghias ruangan

Untuk memberikan suasana nyaman pada ruangan, menambahkan tumbuhan hias dapat menyejukkan lingkungan. Terdapat beberapa tanaman yang pas untuk menghias ruangan serta memanjakan mata anda.

3. Meningkatkan kualitas udara

Kebanyakan tanaman hias mengeluarkan oksigen sebagai hasil proses fotosintesis mereka. Hal tersebut membuat lingkungan menjadi lebih segar dan berkualitas. Di sisi lain, tumbuhan hias juga menyerap karbondioksida dan membantu memperbaiki kualitas udara.
Studi telah menunjukkan bahwa lingkungan yang memiliki tumbuhan hias dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki konsentrasi. Oleh karena itu, memiliki tumbuhan hias dapat membantu memperbaiki kesehatan dan kenyamanan.

Cara Merawat Tanaman Hias

Baru memiliki tanaman hias, seseorang seringkali terlalu antusias dan melakukan perawatan berlebihan. Namun, kebanyakan tumbuhan hias tidak memerlukan perhatian terus-menerus untuk tumbuh sehat.
Ada banyak tumbuhan hias yang mudah dirawat dan hanya membutuhkan sedikit perawatan beberapa kali setahun. Tetapi, ketika melakukan perawatan, cara yang tepat akan membantu memastikan tanaman tumbuh subur. Berikut beberapa

1. Menyirami tanaman

Setiap tanaman hias memiliki kebutuhan air yang berbeda, tergantung pada jenis dan cara tumbuhnya. Lebih baik menyiram tanaman sesuai dengan kebutuhannya, daripada mengikuti jadwal yang tetap.
Jadi, kita tidak perlu memastikan menyiram pagi dan sore, melainkan lebih memperhatikan kondisi tanah. Umumnya, tanaman harus disiram saat bagian atas media tanah terlihat kering.
Untuk menentukan kondisi tanah, Anda dapat mencoba memasukkan jari sejauh 2-3 cm. Perlu diingat, kaktus dan sukulen memerlukan air yang lebih sedikit, sementara tanaman berbunga biasanya memerlukan lebih banyak air.

2. Memberikan Pupuk

Tidak ada aturan pasti tentang berapa banyak pupuk yang harus diberikan pada tanaman hias. Kebutuhan pupuk bervariasi tergantung pada tingkat pertumbuhan, usia tanaman, dan kondisi media tanah.
Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca petunjuk label produk pupuk dan mengikuti rekomendasi yang diberikan. Sama dengan poin pertama, jangan memberikan pupuk secara berlebihan.
Terlalu banyak pupuk dapat membakar akar tanaman dan menghambat pertumbuhannya. Untuk tanaman berbunga, gunakan pupuk dengan rasio tiga angka pada label (nitrogen, fosfor, dan kalium) relatif sama. Apabila komposisi nitrogen terlalu banyak, tumbuhan bisa tumbuh dengan banyak daun tetapi minim bunga.

3. Ganti Pot Berkala

Untuk memeriksa kebutuhan tanaman untuk diganti pot baru, periksalah sistem akar. Bila akar sudah memenuhi pot, maka sudah saatnya untuk diganti. Apabila akar sudah melebihi pot, pindahkan ke pot yang lebih besar.
Akan tetapi bila ingin tetap di pot yang sama, potong akar dan tanam kembali menggunakan tanah baru. Saat mengganti pot baru, ini juga saat yang tepat untuk membagi tanaman dengan memecah batangnya untuk membuat tanaman baru.

4. Memangkas Ujung Tanaman

Tanaman hias dapat dipangkas setiap saat sepanjang tahun. Tujuannya adalah untuk memperbaiki penampilan dan mencegah tumbuh terlalu besar. Memotong juga membantu meremajakan tanaman.
Cara ini efektif untuk memacu pertumbuhan baru pada tanaman trailing seperti ivy Swedia dan pothos. Potong di bagian tunas samping pada batang yang ingin dipangkas. Disinilah tempat pertumbuhan baru akan dimulai.
Potong daun dan batang yang mati atau sakit untuk mencegah penyebaran penyakit. Mengupas ujung daun dan batang paling atas juga membantu mendorong pertumbuhan tunas baru.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan mengenai tanaman hias. Mulai dari Pengertian, Jenis-Jenis, Keunggulan, hingga cara merawatnya. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *