Steel Floor Deck ! Pertimbangan Memasang & Menggunakannya

Steel Floor Deck

Steel floor deck adalah material yang bisa digunakan untuk pengganti bahan standar berupa papan, seperti triplek. Penggunaan bahan ini pasti sangat penting, terlebih saat mengerjakan pengecoran dak beton.
Saat ini, pemakaian bahan dasar membangun rumah telah berpindah. Mulai dari pemakaian bahan kayu yang umumnya digunakan untuk kerangka, saat ini banyak memakai kerangka atap baja ringan. Selain terlihat lebih modern, rumah memakai baja ringan mempunyai tata ruang yang lebih baik.
Floor deck terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti baja alias yang sering dikenal steel. Sebenarnya kayu sering dipakai untuk floor deck, tetapi pemakaian terlampau banyak tentu tidak cocok untuk alam. Alhasil penggunaan kayu dialihkan dengan plat baja yang memiliki kekuatan dan lebih tahan lama.

Fungsi & Karakteristik

Fungsi utama bahan ini ialah untuk membuat bidang yang datar dan juga sejajar. Hal tersebut bermaksud supaya rumah bisa dibangun dengan rata di area yang landai. Dengan memanfaatkan bahan ini juga bisa membuat insulasi yang benar pada rumah supaya lantai tetap hangat walaupun pada suhu dingin.
Tak hanya itu, bahan ini bisa dipakai pada area yang lebih tinggi, contohnya untuk rumah tingkat maupun ruang terbuka. Selanjutnya untuk karakteristik steel floor deck kami telah merangkum beberapa hal yang bisa berguna untuk anda, diantaranya adalah:

  1. Besi yang digunakan dalam membuat floor deck mempunyai massa yang lumayan berat. tak hanya itu, bahan ini lebih tebal yang membuat bahan ini kuat.
  2. Mempunyai ketahanan bila dibangun pada permuaan tanah yang mempunyai sifat bermacam-macam. Bahan ini memang sangat kuat serta tahan terhadap keasaman, sehingga aman untuk waktu yang lama.
  3. Berbeda dengan kayu, bahan ini kurang baik dalam insulator suara. Bila struktur bahan ini tidak dilapisi dengam sesuatu maka bisa dipastikan akan menyebabkan kebisingan.

Keunggulan Steel floor deck

Salah satu keuntungan utama dari bahan ini adalah kekuatannya. Baja memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan beton atau kayu, sehingga floor deck mampu menopang beban yang lebih besar. Ini membuat bahan ini cocok untuk digunakan di bangunan dengan beban yang tinggi, seperti gedung perkantoran atau hotel.

Selain itu, bahan ini juga memiliki keuntungan dari segi pemasangan. Pemasangan steel floor deck biasanya lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan pemasangan jenis lantai lainnya, karena tidak memerlukan waktu pengeringan yang lama seperti beton. Ini membuat proses pembangunan lebih cepat dan efisien.

Steel floor deck juga memiliki keuntungan dari segi biaya. Meskipun harga pembelian bahan ini mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, biaya pemasangan dan perawatan biasanya lebih rendah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Ini karena bahan ini tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti jenis lantai lainnya, sehingga biaya perawatannya lebih rendah.

Kekurangan Steel floor deck

Namun, bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan utama adalah harga pembeliannya yang mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Selain itu, juga dapat menjadi dingin pada saat digunakan, karena tidak memiliki sifat isolasi yang baik seperti kayu atau karpet.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, steel floor deck merupakan pilihan yang baik untuk digunakan di bangunan bertingkat karena kekuatannya yang tinggi, pemasangan yang cepat dan mudah, dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Namun, harga pembeliannya yang mungkin lebih tinggi dan sifat dinginnya harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan steel floor deck.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *