rising damp

Rising Damp, Ciri-Ciri Beserta Solusinya

Tempat tinggal yang sehat merupakan keinginan semua orang, tak seorangpun yang mau terjadi persoalan kesehatan karena hunia yang jelek. Diantara persoalan dapat disebabkan oleh hunian yang lembab sebab adanya jamur. Apakah anda paham jika hal tesebut adalah ciri rising damp?
Dinding yang lembab umumnya disebabkan oleh kondensasi uap air di dalam bangunan. Ini terjadi ketika udara dingin menyentuh permukaan dinding yang lebih hangat, sehingga uap air dalam udara terkondensasi menjadi air.
Kondensasi uap air dapat terjadi di dinding yang tidak memiliki isolasi yang cukup atau di dinding yang terkena langsung oleh udara dingin dari luar. Rising damp juga dapat menyebabkan dinding yang lembab.
Rising damp adalah masalah yang terjadi ketika air tanah memasuki bangunan melalui dinding atau lantai. Ini terjadi disebabkan kurang adanya perawatan yang memadai pada sistem pembuangan yang ada dirumah.
Bisa juga karena ketidaksempurnaan pada dinding atau lantai yang memungkinkan air masuk. Rising damp bisa menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan serta menimbulkan masalah kesehatan. Tandanya terlihat seperti bercak-bercak pada dinding yang bisa menyebabkan bau tidak sedap dan tumbuhnya jamur.

Proses Terjadinya Rising Damp

Persoalan penting terkait kelembaban timbul karena resapan air tanah ke dinding rumah yang disebabkan tekanan air tanah. Tekanan air dapat diatasi dengan membuat pondasi, dinding bata trasram dan sloof yang benar.
Rumah lama sering dijumpai menggunakan dinding bata yang jelek serta tidak memakai sloof. Hasilnya pada hunian lama seringkali persoalan air menembus tembok dari bawah tanah terlihat jelas di dinding.
Air tanah juga dapat menembus secara vertikal jika keadaan tepi rumah lebih tinggi dari rumah anda. Akhirnya dinding terkena tembesan air dari samping serta menjadi lembab. Selain air tanah, air jujan bisa merembes lewat celah dinding atau saluran air yang bocor.
Tak hany melalui saluran air yang bocor, air dapat masuk lewat lubang atap serta mengguyur bagian dalam. Jika tiang penyangga atap tidak bagus maka bisa menyebabkan kayu lapuk dan menurunkan kekuatan atap.

Membenahi Rising Damp

Saat ini banyak produk yang bisa memperbaiki rising damp yakni dengan cara membalur dinding dengan lapisan aspal. Lapisan ini terdapat pada cat waterproof yang pada intinya merupakan lapisan tahan air.
Tidak hanya menggunakan lapisan aspal, bisa juga menggunakan PVC atau PE yang berupa lembaran. Teknik lain yang gampang ialah dengan melapisi lantai dengan keramik agar membendung air merembes.
Dinding yang sudah lembab kemungkinan tak bisa digunakan kembali, semestinya dinding diganti agar tidak menyebabkan penyakit. Hunian yang minim udara masuk secara alami, dinding lembab bisa menyebabkan penyakit seperti paru-paru, asma, dan penyakit pernafasan lainnya.

Pencegahan Kelembaban Dinding

Tak hanya menangani, anda wajib mencegah kelembaban dinding karena penyerapan air mulai dari pertama pembangunan. Itu artinya dinding bangunan mesti benar agar air tidak merembes masuk ke dalam.
Arsitektur yang sangat umum dan populer ialah dengan menggunakan pondasi, sloof dan dinding. Fungsi sloof dan pondasi sendiri digunakan untuk menangkal air agar tidak naik ke dalam dinding rumah.

Kesimpulan

Untuk mencegah rising damp, penting untuk memastikan bahwa sistem drenase yang ada berfungsi dengan baik dan mengidentifikasi dan mengatasi masalah sejak awal. Ini dapat meliputi:

  1. Perbaikan sistem drenase baru
  2. Mengecek dinding dan lantai untuk mencari ketidaksempurnaan yang dapat memungkinkan air masuk
  3. Meningkatkan ketinggian air tanah di sekitar bangunan.

Jika Anda merasa tidak yakin tentang cara mencegah dinding yang lembab, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atau kontraktor yang berpengalaman untuk mendapatkan saran dan bantuan.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *