Produk Susu UHT, Apakah Aman untuk Anak?

Susu UHT

Susu UHT – Susu adalah makanan mendasar untuk bayi yang baru dilahirkan sebab menyimpan beberapa gizi penting yang dibutuhkan bayi, contohnya karbohidrat, mineral, protein, dan berbagai macam vitamin. Manfaat susu bagi bayi yaitu untuk kesehatan serta tumbuh kembang yang sempurna, sebab menyimpan beberapa gizi dan menjadi sumber tenaga.
OLeh sebab itu susu dianjurkan diminum untuk semua usia, mulai bayi sampai lanjut usia. Untuk balita usia 0 bulan sampai 2 tahun, susu yang baik untuk diminum adalah Air Susu Ibu (ASI). Apabila tidak bisa sampai 2 tahun, bisa menggunakan ASI ekslusif sampai 6 bulan. Selepas 6 bulan, bayi bisa mengkonsumsi makanan pendukung seperti susu formula.
Standart Nasional Indonesia No. 01-3141-1998 menetapkan susu segar sebagai minuman yang bersumber dari kambing atau sapi sehat, didapat dari teknik pemerahan yang benar, tidak memperoleh pemberian maupun penyusutan suatu materi apapun serta tidak memperoleh pemanasan.
Dalam susu terdapat beberapa nutrisi yaitu 30% protein, 40% karbohidrat, serta 40% Lemak. Yang perlu anda pahami bahwa susu segar adalah komoditas yang gampang rusak atau basi dan tidak mempunyai waktu penyimpanan yang lama. Sebab kandungan gizi dalam susu adalah tempat tumbuh kembang mikroba pembusuk. Wajib dilakukan sterilisasi susu segar dengan cara diolah melalui pemanasan, kejut listrik dan metode lainnya.

Perbedaan Susu Bubuk & Susu UHT

Pengolahan susu bisa mengoptimalkan masa simpan , akan tetapi umumnya kandungan nutrisi susu akan menurun. Semakin tinggi suhu maka akan semakin menurun nilai nutrisi atau bahkan gizi yang ada dalam susu akan hilang, sebagai pembeli kita dituntut untuk pintar dalam menyeleksi produk yang baik dan layak untuk dikonsumsi.
Ada 2 barian susu olahan yang beredar di masyarakat indonesia, diantaranya adalah susu bubuk dan cair. Susu dalam bentuk bubuk bersumber dari susu yang dikeringkan , biasanya memakai spray dryer maupun freeze dryer. Dalam prosesnya pengolahannya protein bisa menurun hingga 30%, penurunan vitamin serta mineral juga terjadi ketika susu dijadikan bubuk.
Untuk susu cair bisa diolah dengan metode pasteurisasi ataupun UHT. Metode pasteurisasi adalah teknik pemanasan susu sekitar 63-72 °c semala 15 detik, proses ini bermaksud untuk mematikan mikroba patogen. Hasil produk pasteurisasi wajib disimpan dalam suhu antara 5-6 °c sera mempunyai umur simpan hingga 14 hari.
Sementara itu susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang diolah dengan memanfaatkan pemanasan suhu tinggi sekitar 135-145 °c dalam waktu 2 – 5 detik saja. Teknik ini bermaksud untuk mematikan semua mikroba serta spora yang terdapat pada susu. Dengan waktu yang singkat dapat meminimalisir penurunan nutrisi pada susu dan memberikan warna, aroma serta rasa yang tidak berubah.

Kesimpulan

Susu cair yang diolah mempunyai kandungan gizi lebih baik dibandingkan susu bubuk, sebab terdapat penurunan nilai gizi selama pengolahan. Tetapi, menurut metode penyimpanannya, susu UHT lebih aman dibandingkan susu pasteurisasi, sebab tidak perlu disimpan di kulkas serta masa simpan yang lama.
Manfaat lain dari susu UHT ialah dalam pengolahannya dilakukan dengan cara full otomatis serta sedikit menggunakan tenaga manusia, akibatnya membuat susu menjadi bersih dan memenuhi SNI. Pabrik mengolah susu memakai alat-alat yang bersih, bahan baku terbaik, dan dikemas secara baik dengan memakai kemasan multilapis berteknologi terbaru yang kedap udara.

pertanyaan tersebut meyakinkan bahwa susu uht merupakan produk yang sangat aman untuk dikonsumsi serta mempunyai kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan produk susu lainnya. Tetapi , untuk makanan anak-anak maupun bayi, pastinya ASI yang paling direkomendasikan.
Susu UHT sudah bisa diberikan pada bayi yang berusia 6 bulan keatas untuk pendamping ASI. Berikan susu UHT dalam bentuk cair, sebab pencernaan bayi masih belum terbentuk sempurna. Ketika bayi berusia 1 tahun, susu UHT boleh diberikan secara langsung ke anak dengan komposisi 2-3 gelas perhari sesuai kebutuhan gizi anak.

Tips Memilih Susu UHT

Agar lebih aman, anda wajib bisa menentukan susu UHT yang bisa dikonsumsi anak anda. Kami akan memberikan sedikit tips untuk memilih produk susu UHT yang aman bagi anak anda :

  1. Perhatikan kemasan produk, jika kemasan rusak bisa dipastikan susu didalam sudah rusak.
  2. Kemasan menggelembung, kemungkinan terjadi kebocoran yang mengakibatkan microba masuk kedalam produk.
  3. Hindarkan penyimpanan produk pada susu tinggi, sebab akan merusak protein didalam susu.
  4. Perhatikan tanggal kadaluarsanya.
  5. Jika susu sudah terbuka, maka simpanlah didalam kulkas. Jangan diamkan lebih dari 1 hari.

Demikian penjelasan tentang susu UHT, jika ada pertanyaan atau saran anda bisa komen dibawah atau langsung chat di nomor whatsapp yang tersedia dibawah. Terima kasih


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *