peredam panas atap

Mengenal Jenis Peredam Panas Atap Agar Rumah Adem

Menetap di wilayah tropis membuat cuaca di Indonesia terkadang panas dan lembab. Anda wajib adaptasi dengan keadaan di ruangan yang panas apabila tinggal Indonesia. Biasanya orang mengakali panasnya udara dengan menggunakan kipas angin atau air conditioner.
Dua alat elektronik tersebut teruji dapat membuat ruangan menjadi lebih segar, dingin serta terbebas dari panas. Akan tetapi terdapat solusi untuk mengurangi udara panas yang lebih ramah lingkungan, yaitu dengan menambahkan peredam panas diatap.
Untuk anda yang bermukim di daerah yang memiliki cuaca dingin, penggunaan peredam panas dapat menjaga ruangan selalu hangat selama cuaca dingin. Alat ini juga disebut dengan insulasi atap, sebab selain memikiki peranan dalam meredam panas, Alat ini bisa digunakan sebagai penyimpan panas.
Hal tersebut berpengaruh krika musim hujan, keadaan rumah akan terasa lebih hangat. Keunggulan ini tentu bisa menguntungkan sekali untuk anda yang tinggal di wilayah beriklim tropis. Malahan kehadiran peredam panas tersebut bisa menjadi penopang atap agar kondisinya lebih awet. Indofamco akan menjelaskan apa saja jenis serta perbedaan dari peredam panas sebagai berikut:

Cara Kerja Peredam Panas Atap

Peredam panas atap umumnya dipasang di celah antara atap dengan plafon. Prosedur dari alat ini sangat sederhana, yakni alat yang terpasang akan menjaga perputaran panas pada rumah. Udara panas yang berada di ruangan tidak akan gampang keluar, begitu pula panas dari luar tak akan mudah masuk waktu membuka pintu.
Alat peredam panas ini adalah sebuah inovasi yang bertugas untuk meminimalisir panas matahari dari atap. Nama lain dari insulasi ialah teknik pembatasan atau penghalangan untuk menangkal pertukaran arus listrik, panas, bunyi, dan sebagainya.
Uraian mengenai insulasi atap sebelumnya menjadikan anda berminat untuk mengaplikasikan di hunian anda. Namun, jangan tergesa-gesa untuk order, minimal anda memahami terlebih dahulu jenis peredam panas yang ada di pasaran:

1. Alumunium Foil

Aluminium foil banyak dipakai untuk kepentingan memasak sebab memiliki sifat tahan terhadap panas. Bahan ini selain dipakai untuk kepentingan memasak juga dapat menjadi peredam panas pada atap yang populer. Memiliki bentuk lembaran berwarna silver, tipe insulasi atap ini bisa membantu menangani kelembapan ruangan. Cara pasangnya sangat gampang serta tak menggunakan banyak tenaga.

2. Styrofoam

Kedua yakni styrofoam yang dibrandol dengan harga yang relatif murah, sebab styrofoam dibuat dari butiran plastik yang dijadikan satu lalu diisi dengan udara. Strukturnya mirip seperti wafer, yang mana bagian bahan diapit 2 bahan plastik dengan texture seperti kayu. Sedangkan , harus diingat bila atap rumah anda terbuat dari bahan seng, sepatutnya hindari penggunaan styrofoam sebab tidak akan kuat seperti insulasi atap lain.

3. Polyester

Bahan polyester merupakan peredam panas atap yang sering digunakan masyarakat di Indonesia. motif yang sering dipakai ialah polyester R3.5. Sekarang motif ini sudah sering digunakan untuk fasum hingga gedung pencakar langit, sebab teruji bisa meredam panas secara maksimal.

4. Polyurethane

Selanjutnya ada peredam panas atap yang terbuat dari polyurethane yang berupa foam. Larutan ini dibuat sedikit padat sehingga bisa menampung panas dengan baik. Malahan, ditafsir insulasi atap ini bisa tahan terhadap berbagai macam cuaca serta awet sehingga pas untuk digunakan pada berbagai jenis atap. Teknik pemasangannya begitu mudah, cukup menyemprotkan larutan polyurethane ke bagian luar dari atap rumah dan tunggu beberapa menit hingga cairan mengeras.

5. Alumunium Bubble Foil

Alumunium Bubble Foil merupakan desain khusus dari alumunium foil yang memiliki fungsi memproteksi rumah dari cuaca. Insulasi ini mempunyai keunggulan merefleksikan sinar ultra violet hingga 97%.
Tak hanya dapat merefleksikan sinar ultra violet bubble foil dapat menangkap udara panas serta harganya yang murah. Di online shop insulasi ini dibandrol dengan harga 10 ribu/lembar dengan ukuran bervariasi. Bila anda mempunyai anak balita didalam rumah, pemakaian peredam panas bubble foil sangat pas, sebab bahan yang digunakan tak menggunakan zat berbahaya.

6. Glasswool

Glasswool merupakan bahan insulasi yang dipasang dibagian atap rumah untuk meredam hawa panas. Dibandingkan dengan beberapa bahan peredam panas yang ada di pasaran, glasswool menjadi yang terbaik untuk meredam panas serta suara.
Tidak hanya untuk meredam panas serta suara, bahan ini juga sangat gampang diinstal seperti yang anda inginkan sebab memiliki sifat yang lentur. Glasswool mempunyai tebal yang bermacam-macam antara 25 mm hingga 50 mm.
Dari segi harga glasswool masih terjangkau bilai dibandingkan dengan bahan insulasi lainnya. Jenis glasswool jarang digunakan untuk rumah, terkadang dipasang pada gedung kantor atau pabrik. Dari sini anda tak perlu bingung bila ingin memakai bahan ini.

Manfaat Memakai Insulasi

Anda sudah memahami keutamaan dari peredam panas atap dari deskripsi diatas, yakni untuk menjaga perputaran hawa panas. Alat yang diinstal di atap bisa mengatur supaya panas tak terlalu tinggi maupun rendah.
Kelebihan ini sangat menolong saat melewati beragam cuaca, bahan ini akan menghangatkan ketika hujan dan menyejukkan ketika panas. Keuntungan lain yang didapatkan ialah menekap biaya penggunaan tenaga listrik, contohnya kipas, AC maupun heater.
Disisi lain, dengan menginstal insulasi ini, anda dapat menghemat listrik, uang dan membuat atap anda menjadi awet. Insulasi yang terinstal bisa menutupi atap dari benda asing yang bisa merusak atap. Bila dibandingkan dengan memperbaiki atap, menggunakan insulasi menjadi lebih murah.

Teknik Perawatan Insulasi

Implementasi peredam panas atap sangat sederhana. Tetapi, anda harus memahami metode yang benar untuk merawatnya supaya insulasi tetap awet dan bekerja optimal. persoalan terpenting dari peredam panas atap ialah air.
Ada 2 sebab utama insulasi bisa basah, yang pertama karena air yang masuk dari luar dan yang kedua karena kelembapan udara yang tinggi. Hal ini tak bisa disepelekan, sebab peredam yang basah bisa menjadikan lembab dan pada akhirnya tumbah jamur serta bakteri berbahaya.
Oleh sebab itu, semestinya anda membuat jadwal untuk mengecek apakah terdapat lapisan yang bocor di peredam atam tersebut. Pastikan juga perputaran udara bergerak dengan membuat lubang angin untuk keluar masuk udara. Bila insulasi rusak, anda bisa memanggil tukang untuk memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah pemaparan singkat tentang keuntungan, macam-macam dan teknik perawatan dari peredam panas atap. Bila anda ingin menggunakan insulasi atap di rumah anda, tentukan peredam panas yang anda pilih sudah disesuaikan dengan model atap dan keadaan ruangan.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *