Perbedaan Jenis Minyak Kelapa Dan Minyak Goreng

jenis minyak

Apakah Minyak Kelapa atau Minyak Sawit? Ini mungkin adalah pertanyaan yang muncul saat berbelanja kebutuhan memasak. Meskipun kedua jenis minyak masuk dalam kategori Kelapa, minyak sawit dan minyak kelapa pasti berbeda. Anda pasti penasaran mana yang lebih sehat, bukan? Marilah kita bahas perbedaan antara minyak kelapa dan minyak sawit.

Minyak Goreng

Minyak GorengProduk Minyak goreng adalah bahan pengolah makanan yang sering digunakan untuk memasak makanan dengan cara menggoreng. Proses minyak goreng biasanya dibuat dengan memproses bahan mentah seperti kelapa, jagung, kacang-kacangan, atau biji-bijian lainnya melalui proses pemurnian dan hidrogenasi.

Kelebihan minyak goreng:

  1. Minyak goreng mudah didapat dan tersedia di hampir semua toko makanan.
  2. Minyak goreng dapat menahan suhu tinggi selama proses memasak dan memiliki titik didih tinggi sehingga tidak mudah menguap atau terbakar.
  3. Harga minyak goreng relatif terjangkau dan lebih murah daripada minyak makan lainnya.

Kekurangan minyak goreng

  1. Minyak goreng yang digunakan berulang kali dapat menurunkan kualitas dan menghasilkan bahan kimia berbahaya.
  2. Minyak goreng mengandung lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  3. Proses produksi minyak goreng menggunakan bahan kimia dan bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa diperoleh melalui proses ekstraksi dengan suhu maksimal 60°C sehingga mempertahankan aroma, rasa, dan kandungan nutrisi kelapa. Produk ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dan banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik.
Penelitian dari Universitas Gadjah Mada pada 2021 membuktikan potensi minyak ini sebagai terapi pelengkap bagi penderita COVID-19. Standar mutu minyak kelapa virgin sudah ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) sesuai SNI 7381-2008.

Kelebihan minyak kelapa:

  1. Kaya akan asam lemak medium chain triglycerides (MCTs) yang mudah dicerna dan dapat membantu mengurangi lemak tubuh.
  2. Stabil pada suhu tinggi, sehingga baik untuk diolah dengan suhu tinggi seperti menggoreng.
  3. Kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penuaan.
  4. Dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti stroke dan kanker.

Kekurangan minyak kelapa:

  1. Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan minyak lainnya.
  2. Aroma dan rasa khas minyak kelapa dapat mempengaruhi rasa makanan.
  3. Tidak semua orang memiliki tingkat toleransi yang sama terhadap minyak kelapa.

Perbedaan Jenis Minyak Goreng dan Minyak Kelapa

Perbedaan Minyak Goreng Kelapa

Dalam industri pembuatan minyak goreng, kelapa sawit menjadi bahan utamanya. Meski demikian, banyak orang yang masih salah paham bahwa minyak goreng sama dengan minyak kelapa. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.
Kedua jenis minyak ini sesungguhnya berasal dari satu famili kelapa, tetapi kandungan dan fungsinya berbeda. Apa saja perbedaan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Tampilan

Minyak goreng yang dibuat dari Kelapa Sawit biasanya berwarna kuning hingga kuning pekat, ada juga produk yang berwarna kemerahan. Sementara, minyak Kelapa memiliki warna kuning pucat hingga putih bening.

2. Kegunaan

Kedua jenis minyak ini, memiliki manfaat yang sama, yakni membantu dalam memasak. Keduanya memiliki titik didih yang tinggi, sehingga bisa digunakan untuk deep frying. Tetapi, minyak Kelapa memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan minyak goreng.
Oleh karena itu, minyak goreng lebih sering digunakan untuk menggoreng makanan yang membutuhkan api besar. Sementara, minyak Kelapa lebih sering digunakan untuk menumis atau shallow frying.

3. Bentuk

Tekstur minyak goreng Sawit dan minyak Kelapa sama, yaitu halus, lembut dan tanpa aroma. Keduanya berasal dari tanaman Kelapa, sehingga tekstur mereka tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, kedua jenis minyak ini sering digunakan dalam memasak.

4. Pembuatan

Minyak goreng dan minyak Kelapa memiliki perbedaan dalam proses pembuatannya. Minyak goreng Sawit didapat dari ekstraksi dan penyulingan biji Kelapa Sawit, sedangkan minyak Kelapa didapat dari penyulingan bagian daging Kelapa.
Terdapat juga perusahaan yang memperoleh minyak Kelapa melalui pemanasan santan Kelapa. Masing-masing proses menghasilkan minyak yang berbeda.

5. Kandungan Nutrisi

Perbedaan minyak Kelapa dan minyak goreng sangat penting untuk dipertimbangkan. Meskipun mirip, minyak Kelapa dan minyak goreng Sawit memiliki perbedaan kandungan. Dalam 1 sdm minyak goreng Sawit, terdapat 120 kalori, sementara minyak Kelapa hanya memiliki 117 kalori per sdm.
Dalam hal kandungan lemak jenuh, kedua jenis minyak memiliki kandungan yang sama, yaitu 80-90%. Namun, lemak jenuh dalam minyak Kelapa lebih mudah dicerna dan lebih baik bagi mereka yang menderita hipertensi dan penyakit kardiovaskular.
Sebaliknya, minyak goreng Sawit memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti kombinasi asam linoleat dan asam oleat, yang merupakan lemak tidak jenuh dan membantu mencegah kolesterol. Minyak goreng juga kaya akan vitamin A dan E.
Namun, nutrisi dalam minyak goreng sangat rentan terhadap kerusakan jika terpapar suhu tinggi. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan manfaat dari minyak goreng, lebih baik memperhatikan cara memasak makanan. Sebaiknya jangan memasak makanan dengan suhu tinggi selama waktu yang lama atau melakukan deep frying, lebih baik menggunakan metode stir-fry atau shallow frying.

Mana Jenis Minyak yang Lebih Sehat?

Mana Jenis Minyak yang Lebih Sehat

Jika Anda bertanya mengenai jenis minyak yang lebih sehat di industri minyak goreng, jawabannya adalah minyak kelapa atau VCO (Virgin Coconut Oil). Minyak kelapa memiliki lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sayangnya, harga minyak kelapa jauh lebih mahal dibandingkan dengan minyak goreng, sehingga tidak populer sebagai pilihan utama.
Untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng berkualitas, Anda bisa mempercayakan Global Solusi Ingredia. GSI adalah industri minyak goreng terkemuka di Indonesia, Malaysia, dan dunia internasional yang menawarkan minyak sayur sebagai alternatif penggunaan minyak yang lebih sehat.
Produk minyak dan lemak dari GSI dapat digunakan untuk membuat roti, cokelat, atau untuk berbagai keperluan gorengan lainnya. Segeralah beralih ke produk-produk GSI untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk produksi makanan dalam skala besar.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *