Mencegah Atap Bocor dengan Roof Flashing

roof flashing

Bila anda bekerja dibidang arsitektur maupun kontraktor, anda tak akan asing lagi dengan kata-kata roof flashing. Sebab para pekerja kontruksi yang terlibat dalam membangun bagian luar rumah pasti memiliki lebih dari 1 flashing. Untuk anda yang tidak paham apa itu flashing, jenisnya dan karakternya, berikut kami paparkan tentang apa itu Roof Flashing.

Pengertian Roof Flashing

Roof Flashing ialah lapisan yang terbuat dari besi dan dipakai pada sudut persambungan 2 sisi atap. Produk ini mempunyai fungsi untuk menyalurkan air hujan ke tempat penampungan air. Sehingga air tak berkumpul serta menjadi bocor pada atap. Kenapa perawatan mengenai sambungan atap sangat dibutuhkan? jawabannya sebab atap serta bagian rumah merupakan salah satu sisi terlemah dan paling rapuh ketika terkena air hujan.

Material Produk

Produk Flashing Atap yang bermutu terbuat dari galvalum, sebab bahan ini terbuat dari campuran besi, alumunium, silikon dan seng. Campuran itu memilii tujuan untuk menyelimuti besi dari sentuhan dengan oksigen serta tak gampang berkarat. Kegunaan dari produk ini adalah untuk meminimalisir air supaya tak masuk ke rumah serta membuat atap lebih bagus.

Lokasi Roof Flashing

1. Sambungan Atap dengan Dinding

Bila anda mempunyai sisi atap yang bersinggungan dengan dinding, maka anda wajib untuk menggunakan Flashing Atap yang menempel di atas atap serta sisi tembok. Dengan memakai Flashing Atap air dapat lewat tanpa mengganggu bagian dinding serta tak mengakibatkan bocor.

2. Perjumpaan Dua Sisi Atap

Terdapat beberapa hunian yang memakai jenis atap mirip serta mempunyai sisi atap yang saling berpapasan. Bila hunian anda memakai jenis atap ini, maka dapat memakai roof flashing yang berbentuk valley supaya nanti air hujan bisa langsung jatuh tanpa melewati sisi atap.

3. Pertemuan skylight dan Atap

Bagi anda yang memakai skylight pada atap hunian, maka anda dapat memakai roof flashing pada sisi skylight supaya air tidak masuk dan bocor ketika hujan. Penggunaan produk ini dapat dilakukan di beberapa bagian skylight.

4. Sisi Atap Tanpa Teritisan

Supaya air hujan tak masuk pada sambungan atap serta dinding dibawahnya, maka pada ujung atap dapat dipakai roof flashing supaya air yang mengalir tak masuk ke bagian bawah serta terkena sisi tembok.

Selepas memahami dimana saja letak Flashing Atap yang harus dipasang, wajib pula anda untuk memahami beberapa hal urgent tentang Flashing Atap.

  1. Pahami Apa itu Kickout Flashing
    Kickout Flashing ialah part yang dipasang di ujung-ujung Flashing Atap. Hal tersebut bermaksud untuk menyalurkan air langsung ke lubang air serta tak jatuh kemana-mana.
  2. Penggunaan roof flashing yang salah
    Terkadang terdapat orang yang menginstal Flashing Atap pada sisi bawah lapisan penutup atap. Kenyataannya Flashing Atap dipasang pada sisi atas lapisan penutup atap supaya air tak bocor melewati sisi lapisan bawah atap.
  3. Menambahkan Waterproffing
    Bila ingin mendapat hasil yang baik dalam meminimalisir kebocoran atap, maka anda dapat membalur tembok anda dengan menggunakan lapisan waterproffing. Agar meminimalisir air masuk serta terjadi bocor.

Itulah beberapa hal yang wajib anda pahami tentang roof flashing sebagai penanggulangan dalam mengatasi bocor pada atap serta tembok rumah anda. Anda dapat melihat pula artikel-artikel tentang tips & trik kami terbaru di halaman Blog artikel.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *