Membuat Tangga Melayang? Begini Caranya

tangga melayang

Tangga melayang atau biasa disebut floating stairs memang tampak kontradiktif dengan tangga biasa. Konstruksi tangga ini tampak indah akan tetapi membuat sebagian orang takut untuk menginjaknya. Jika dilihat secara estetika, floating stairs dapat memberikan kesan unik, simpel serta mempercantik rumah. Oleh karena itu rumah dengan desain minimalis menggunakan desain tangga ini.

Apa Saja Material Tangga Melayang

Tangga melayang mempunyai kontruksi yang khas yaitu tidak mempunyai tiang penguat. Kenyataannya, anak tangga yang terlihat melayang terikat dengan inti tangga dalam tembok. Kerangka untuk floating stairs ini dapat menggunakan beton maupun baja yang dipasang pada tembok.

Menyoroti bahwa jenis tangga ini tampak tidak mempunyai tiang, maka kontruksi kantilevernya wajib diperhatikan. Walaupun posisi anak tangga tampak menggantung, dengan kalkulasi yang tepat akan membuat tangga menjadi kuat sama dengan tangga biasa.

Anda dapat menggunakan material yang bervariasi, contohnya menggunakan kayu, kaca atau baja tipis untuk memberikan kesan melayang. Tidak hanya itu anda dapat menggunakan beron yang dilapisi resin, cat, marmer, kayu, ubin atau bahan lain. Bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan rumah anda.

Cara Membuat Tangga Melayang

Anak tangga pada floating stairs ini dibuat dari baja yang disambung dengan cara dilas. Supaya dapat menahan beban, maka baja yang digunakan wajib memiliki ketebalan minimal 5-6 mm. Lalu dibagian sisi yang lain fiberi plat yang dilas, tujuannya agar plat menempel di tembok.

Pada bagian dalam tembok lebih baik jika diberikan balok beton miring sesuai dengan bentuk yang dinginkan. Balok tersebut akan tersambung dengan lantai 2. Setelah itu plat akan disambung dengan balok dengan baut. Lapisi bagian samping tangga yang menempel dengan tembok dengan kawat wiremesh lalu semen serta dicat agar terlihat cantik.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Melayang

Floating stairs memiliki beberapa kelebihan, sebut saja seperti mengusir suasana yang jenuh, menekan tempat, sampai membuat ruangan lebih luas. Anda dapat memakai space kosong di bawah tangga untuk menyimpan barang lain lho. Tidak sampai disitu saja, secara psikologis floating stairs dapat membuat nyaman bagi penghuni rumah.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh floating stairs, ternyata tangga ini mempunyai kekurangan. Kekurangan yang utama yaitu masalah safety, penerapan yang kurang benar dapat membahayakan keluarga. Oleh karena itu, anda harus berkoordinasi dengan mandor sebelum membangun tangga melayang.

Jika dirumah memiliki anak kecil sebaiknya anda menambah besi teralis dengan tinggi 80-90 cm. Selain itu anda dapat menambah kisi-kisi dari besi yang menempel ke dak diatasnya. Jadinya bagian yang terbuka ada lapisan tembus pandang yang memiliki fungsi untuk mengamankan diri serta menambah keindahan.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *