Manfaat Grounding Listrik Dirumah

Manfaat Grounding

Manfaat Grounding – Mempunyai tempat tinggal yang tenang untuk dihuni merupakan kemauan semua orang. Salah satu upaya demi mewujudkannya yakni dengan memastikan kelistrikan bekerja dengan efektif. Sebagaimana yang anda pahami, rancangan kelistrikan yang jelek bisa mengakibatkan korsleting yang mencelakakan semua isi rumah. Akan tetapi, berbicara tentang instalasi listrik , terdapat satu hal lagi yang dapat anda pertimbangkan yaitu mengatur kabel grounding.

Apa itu Kabel Grounding

Grounding adalah sebuah teknik yang sangat vital dan wajib terpasang pada bangunan maupun rumah. Bermacam-macam keuntungan yang akan didapatkan apabila grounding terapkan. grounding merupakan sebuah cara yang dilakukan mekanik untuk membangun sebuah rute pembuangan bagi arus listrik yang diakibatkan oleh cacat isolasi.
Listrik bisa menguntungkan maupun merugikan kita, seperti apabila tersengat listrik bisa mengakibatkan luka bakar hingga kematian. Supaya kabel yang dipasang dalam metode grounding ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik, umumnya memakai elektroda khusus grounding. Benda ini terpasang didalam tanah supaya bisa menghilangkan beda potensial melalui jalan menyalurkan arus listrik langsung ke dalam tanah.

Manfaat Grounding

Barangkali anda bingung, kenapa arus listrik dalam teknik grounding ini wajib disalurkan ke tanah? jawabannya karena tanah mempunyai materi serta kapasitas besar sehingga dapat melenyapkan muatan listrik yang sangat besar. Berikut kami akan berikan tips terbaru tentang beberapa manfaat beserta fungsi grounding :

1. Melindungi Perangkat Elektronik

Apakah anda sesekali mendapati timbul sengatan ketika menyentuh alat elektronik dirumah? bila iya, maka pemasangan listrik ditempat anda membutuhkan grounding, serta bisa dipastikan pemasangan listrik tidak memakai kabel grounding. Akan tetapi sekedar menggunakan L dan N saja.

2. Menstabilkan Penggunaan Listrik

Berbagai macam teknik dilakukan untuk mendapat listrik yang murah, mulai dari listrik meteran biasa memakai analog sampai kwh digital. Tertanamnya grounding pada instalasi merupakan penyelesaian terbaik untuk menstabilkan penggunaan instalasi listrik.

3. Menangkal Petir

Keuntungan utama dalam memasang grounding listrik ialah untuk menangkal petir. Sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya, eksistensi kabel khusus untuk grounding ini bermaksud mengalirkan saluran listrik dengan volume yang sangat besar.
Untuk informasi, petir mempunyai kapasitas arus mencapai 1,3 miliar volt. Alat elektronik akan rusak dan menyebabkan kebakaran jika terkena arus listrik sebesar itu. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, grounding listrik sangat berpengaruh untuk menangkal petir.

4. Pelindung Perangkat

Manfaat grounding kelistrikan di rumah adalah segera matikan alat elektronik. Kenapa seperti itu? sebab bocor tekanan listrik yang disebabkan petir bisa membuat alat elektronik dirumah menjadi cepat rusak ketika terkena arus yang besar.
Mempunyai manfaat yang berbeda dengan kabel biasa, terkadang metode grounding listrik memang memakai kabel khusus yang mempunyai ciri khas sendiri. Pastinya agar manfaatnya bisa berjalan lebih maksimal, kabel untuk grounding harus bermutu.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *