Langkah Mengecat Dinding Dengan Benar

Beberapa orang pasti mendambakan tempat tinggal yang kelihatan artistik dan berwarna, biasanya dengan memberikan cat pada dinding rumah. Dengan mengecat dinding yang benar anda bisa melindungi dinding dari kuman dan jamur. Walaupun kelihatan gampang, akan tetapi kenyataannya metode mengecat dinding tidaklah mudah.

Terdapat beberapa hal yang harus dipaham agar hasil pengecatan dapat rapi, rata, serta tidak gampang mengelupas. Jadi bagaimana metode mengecat dinding tembok yang baik? Mungkin sebagian orang akan memilih memakai jasa tukang agar tidak membuang waktu. Hasil yang didapat bisa dipastikan baikm karena tukang memiliki pengalaman serta teknik pengerjaan.

Disisi lain untuk biaya ongkos tukang cat tidaklah murah, jadi kami sarankan untuk anda yang ingin berhemat untuk mengecat tembok sendiri. Jika anda memahami teknik dasar dalam mengecat tembok. pasti hasil cat bisa bagus seperti tukang. Lalu untuk memahami bagaimana metode mengecat dinding dengan teknik yang benar anda dapat menyimak informasi yang kami rangkum berikut :

Menentukan Jenis Cat Dinding

Terdapat dua jenis cat dinding yang terdapat dipasaran, yaitu cat untuk interior dan eksterior. Kedua jenis cat tersebut memiliki fungsi berbeda. Jika ingin mengecat pada bagian dalam rumah, maka anda mesti menggunakan cat interior. Tetapi untuk bagian luar rumah anda dapat menggunakan cat ekterior, tidak disarankan untuk menggunakan cat interior dikarenakan ketahanan cat yang berbeda.

Andaikata anda memakai cat interior untuk bagian luar, maka cat dinding akan gampang mengelupas dan warna akan cepat pudar. Karena car interior tidak didesain untuk tahan terhadap berbagai macam cuaca. Anda tak perlu risau dalam menentukan cat yang bagus, dikarenakan ada beberapa merk cat yang merekomendasi cat interior dan ekterior berkualitas, seperti nippon paint, propan, dulux, jotun, dan masih banyak lagi.

Memantau Kondisi Dinding

Metode mengecat dinding yang kedua ialah wajib memantau keadaan dinding yang akan di cat. Jika ingin mengecat dinding baru yang sebelumnya belum dicat, maka anda dapat langsung mengecat dinding. Akan tetapi jika sudah dicat, maka anda wajib untuk mengampasnya terlebih dahulu.

Tujuan dari pengamplasan ini adalah agar cat yang baru bisa menempel secara sempurna serta tidak gampang mengelupas. Tidak hanya itu anda wajib mencermati apakah ada retakan pada dinding. Jika ada retakan, maka anda wajib untuk memperbaiki dinding yang terlebih dahulu, agar dinding terlihat rapi dan bagus.

Metode membenahi dinding yang retak dapat dilakukan dengan beraneka macam cara. Cara yang paling mudah ialah dengan memakai dempul yang terbuat dari campuran semen putih dengan gypsum untuk menutup retakan. Akan tetapi ada kalanya dinding kembali retak jika memakai dempul.

Baca Juga : Konten Dinding Retak

Bersihkan Dinding Terlebih Dulu

Pertama-tama dalam memulai mengecat dinding, lakukan pembersihan ke dinding terlebih dahulu. Tujuannya untuk membersihan debu serta kotoran yang menempel pada dinding. Anda bisa menggunakan kemoceng atau vacumm cleaner untuk membersihkan dinding. Jika kotoran yang menempel pada dinding dulit dihilangkan, maka anda dapat membersihkannya dengan menggunakan detergen yang dicampur air lalu menggosoknya dengan spons sampai bersih.

Racik cat dengan baik dan benar

Cat dinding tidak langsung dipakai, dikarenakan harus diaduk terlebih dulu supaya tidak memadat. Anda hanya mengaduk cat kurang lebih 3-5 menit saja dengan campuran air sebanyak 10 % dari volume cat yang akan digunakan. Setelah dicampur aduk cat dengan air agar bercampur serta tidak menggumpal.

Ada beberapa jenis cat yang menggunakan thinner agar cat tidak mudah mengelupas. Anda harus mengetahui jenis cat yang akan digunakan, sehingga dapat menentukan apakah bakal dicampur dengan air atau thiner. Sehabis teraduk lalu tuangkan cat ke tempat roll agar memduahkan anda dalam menggunakan roll.

Memulai Mengecat Dinding

Metode mengecat tembok sangatlah mudah, akan tetapi anda harus mengetahui setiap tahapan yang telah dijelaskan sebelumnya agar hasil pengeatan bisa baik dan bagus. Selepas mengimak tahapan sebelumnya, lalu anda dapat memulai pengecatan dengan cat warna yang sudah dicampur dengan air maupun thiner.

Anda dapat menggunakan roller ataupun kuas untuk menggunakan cat pada dinding. Fungsi roller digunakan untuk dinding dengan bidang yang luas, sedangkan kuas untuk bidang yang sempit dan sulit dijangkau. Untuk hasil cat yang rata, lebih baik mengecat dengan teratur, agar mendapatkan hasil dinding yang baik dan rapi.

Metode pengecatan lebih baik memakai cara zig-zag, dimulai dari atas ke bawah serta dilakukan secara berkali-kali sampai dinding tertutup cat. Anda dapat melakukannya secara berulang-ulang, hingga kualitas warna cat yang ada inginkan sama. Tips dasar cat permukaan dinding dalam satu waktu, tunggu hingga cat kering sekitar 1-2 jam tergantung campuran cat.

Melakukan dua lapis cat

Setelah dilakukan cat yang pertama dan mengering, lalu aplikasikan lapisan kedua pada dinding anda. Jika hanya satu lapis, bisa dipastikan hasil cat kurang bagus. Terkadang ada beberapa orang yang mengaplikasikan cat lebih dari 2 kali, karena semakin tebal cat maka semakin bagus pula hasilnya.

Proses Akhir

Prosedur yang terakhir adalah finishing yang bermaksud untuk menyelimuti bagian yang tidak terlapisi cat. Untuk kasus ini anda dapat memakai kuas kecil supaya lebih mudah untuk mengecat bagian sudut-sudut yang sulit dijangkau. Pastikan semua bagian dinding tertutup dengan cat secara merata, alu tunggu hingga kering.

Bersihkan lantai jika terkena cat yang menciprat ke lantai, selain itu bersihkan perlengkapan yang telah digunakan. Jika terdapat sisa cat dari sisa mengecat dinding simpan saja, karena cat dapat digunakan kembali dilain waktu. Demikianlah Tips cara mengecat dinding yang baik dan benar dari kami, tips ini agar menghasilkan cat dinding yang rata serta tidak terkelupas.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *