Khasiat Santan untuk Tubuh dan Wajah

khasiat santan

Santan adalah bahan yang umum digunakan ketika membuat olahan masakan lebaran. Bahan ini bisa menambah rasa lezat pada makanan, akan tetapi waspada apabila santan di santap berlebih bisa mengakibatkan kolesterol. Bila santan disantap tak berlebihan, maka anda akan mendapat khasiatnya.
Kadar lemak yang tinggi pada santan membuat bahan ini memiliki kadar kalori yang tinggi. Selain itu dalam santan terdapat beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Beberapa vitamin tersebut antara lain C, E, B1, B3, B5, B6, zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.
Bentuknya yang lembut serta manis alami bisa membantu mengoptimalkan HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) anda. Bahan ini bisa memaksimalkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung sebab komposisi kalium yang tinggi. Dari beberapa riset, ada 10 khasiat santan yang bagus untuk tubuh, wajah dan rambut :

1. Memperbarui Rambut Rusak

Santan bisa dipakai untuk vitamin untuk rambut kering, kusam serta kurang terhidrasi, sebab santan memiliki fungsi melembabkan rambut dengan baik. Cara pemakaiannya dengan memijat pelan rambut serta kulit kepala selama 5 menit, lalu bungkus rambut anda dengan handuk panas.
Selanjutnya anda dapat membilasnya dengan air hingga rambut bersih. Anda bisa mendapatkan kelebihan santun untuk rambut dengan membaiknya rambut yang sudah rusak, rapuh serta bercabang.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Kandungan yang ada pada santan dapat menutrisi rambut agar menjadi sehat, kuat, menambah folikel rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Balur rambut anda dengan santan selama tiga sampai lima menit. Setelah itu keramas dan diamkan selama 20 menit.
Anda bisa membilas rambut dengan campuran sampo dan santan dengan perbandingan 1:1. Selain itu anda dapat memakai santan untuk kondisioner tanpa harus dibilas. Khasiat santan bisa membuat rambut anda lebih bervolume, menjadikan tak terlalu berminyak serta rambut menjadi panjang, lebat, dan berkilau.

3. Khasiat Santan Bagi Kecantikan

Pertama keutamaan santan dalam dunia kecantikan adalah dapat menghapus makeup. Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan santan pada sebuah kapas dengan skala 2 banding 1. Tak hanya untuk membersihkan wajah, campuran ini dapat memghidrasi kulit secara menyeluruh.
Kedua jika anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, bahan ini bisa dipakai untuk pembersih sebab memiliki antibakteri. Dalam santan terdapat lemak yang bisa membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat.
Terakhir santan dapat digunakan sebagai scrub atau lulur untuk metode eksfoliasi yang lembut. Caranya dengan mencampurkan oats dengan santan selama 10 menit. Lalu anda dapat menggunakan bahan tersebut untuk scrub atau lulur pada badan anda.

4. Meminimalisir Penuaan

Kandungan vit C pada santan yang sangat tinggi dapat membantu dalam merawat fleksibilitas dan kekenyalan kulit. Bahan ini juga memiliki kandungan tembaga yang bisa meminimalisir keriput, bintik-bintik serta kulit yang mengendur.
Rendam 7 almond semalam serta kupas kulitnya ketika pagi, lalu tumbuk hingga menjadi pasta dan tambahkan 7 tetes santan. Setelah itu campur secara merata dan sapukan pasta ke wajah anda serta tunggu 15 menit. Terakhir anda bisa bersihkan menggunakan air dingin hingga bersih.

5. Memulihkan Luka Bakar

Gunakan santan ke kulit yang terbakar akibat sinar matahari membantu memulihkan dengan cepat. Hal tersebut disebabkan santan memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat menyejukkan kulit serta meredahkan rasa sakit, kemerahan dan radang.

6. Melembabkan Kulit

Anda tentu sudah mengetahui soal mandi susu, alternatif lain mandi susu adalah menggunakan santan. Khasiat santan dalam untuk melembabkan kulit serta dapat membuat releks. Anda bisa membalurkan santan ke kulit selama 30 menit untuk menghidrasi kulit serta mengoptimalkan kesehatan kulit.
Jika ingin wandi, anda dapat mencampur 1 cawan kelopak dan air mawar serta 1 cawan santan pada air hangat. Rendam tubuh anda selama 15 menit dengan campuran bahan tersebut, hasilnya kulit anda akan lembab serta terhidrasi. Tak hanya itu, anda bisa mencampur 1 cawan oats, 2 cawan santan, serta 1 sendok madu untuk hasil yang lebih optimal.

7. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Santan bila digunakan secara lembut dapat memberi efek lembab dan baik sekali untuk masalah kulit kering serta kusam. Kandungan asam lemak pada santan bisa membantu memperbaik kulit kering, iritasi dan mencegah dari kuman berbahaya.

Itulah 7 khasiat santan untuk kecantikan wajah, kulit serta rambut yang bisa anda praktekkan dirumah. Sekarang anda dapat beralih dari produk yang menggunakan bahan kimia dengan bahan alami yang tak kalah manfaatnya untuk mendukung kecantikan anda.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *