Karakteristik Rumah Jepang yang Perlu Kamu Ketahui

Karakteristik Rumah Jepang menjadi sebuah tren yang sedang naik daun di Indonesia sekarang ini. Rancangan minimalis dan sederhana menjadi kekuatan desain unik rumah jepang yang saat ini banyak ditiru masyarakat diberbagai belahan negara. Arsitektur rumah ini pun menjadi lebih gampang ditemui di wilayah kota dengan tanah terbatas, tidak terkecuali apartemen. Konsep rumah jepang sangat relevan pada saat ini karena semakin mahalnya tanah dan areanya tidak terlalu luas untuk digunakan sebagai hunian. Jika Anda tertarik untuk menggunakan konsep rumah ala jepang, anda bisa menyimak beberapa tip dari kami berikut ini!

Material Lebih Terlihat Natural

Material-Lebih-Natural

Efek simpel, elegan, hangat dan homey yang terdapat pada rumah jepang sangat terlihat dari penggunaan material, seperti kayu yang digunakan untuk lantai. Lalu ada panel dinding sampai denan langit-langit yang menggunakan kayu sebagai material utamanya. Bahkan beberapa rumah jepang terdapat bayang pohon didalam pot untuk pemanis ruangan.

Rumah jepang lebih memfokuskan kesukaan serta penghargaan kepada alam, jadinya interior yang digunakan sangat kental dengan alam. Mulai dari furniture, material bangunan hingga memasukkan unsur tanaman dan air ke dalam rumah. Unsur yang paling kuat dalam ruma jepang adalah air, anda dapat menambahkan kolam ikan di rumah.

Akan tetapi, material alami seperti itu sangat mahal dan tidak mudah untuk diaplikasikan dirumah. Namun anda bisa memanipulasinya dengan menggunakan bahan lain yang mirip dengan unsur-unsur tersebut. Bisa menggunakan vinyl atau wallpaper pada dinding serta lantai agar terlihat lebih unik.

Warna yang Digunakan Netral

Warna-Netral

Masih berkaitan dengan kesan hanat dan minimalis, desain rumah jepang akan semakin terlihat dengan pemilihan warna netral. Pemilihan warna yang soft dan simpel seperti warnu dari kayu, putih, krem atau abu-abu muda. Anda tidak usah ragu untuk mengkombinasikan beberaa warna ini untuk menimbulkan kesan elegan yang menyatu. Meskipun begitu, anda harus pastikan komposisi warnanya tetap seimbang.

Berkonsep Ruangan Terbuka

Berkonsep-Ruangan-Terbuka

Model rumah jepang sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai struktur rumah, baik rumah dengan ukuran besar ataupun kecil. Beberapa faktor yang menonjol pada rumah khas jepang ialah dengan memngurangi dinding dan sekat yang biasa disebut dengan Engawa. Sebutan ini merujuk pada ruang antara Indoor (area dalam) dengan Outdoor (luar ruangan). Metode ini dapat mengoptimalkan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sehingga ruangan menjadi terasa terang, luas, dan juga nyaman.

Jika renovasi rumah anda belum memungkinkan untuk menerapkan konsep ini, tidak perlu risau. Kombinasikan jendela kecil di rumah dengan dinding berwarna netral tanpa aksesoris tembok. Panduan ini dijamin akan membuat ruangan anda terasa semakin terbuka dan sejuk.

Menggunakan Pembatas Tipis

pembatas-tipis

Nilai terbaik dari gaya rumah jepang ialah tidak adanya dinding untuk menjadikan kesinambungan bilik dan penghubung alami antara struktur bagian dalam dan luar. Untuk gantinya, rumah jepang condong menggunakan pintu geser atau shoji. Pintu ini lebih mengirit ruang, dibanding pintu biasa.

Terkadang pintu ini terbuat dari kertas halus tembus pandang dan diberi bingkai kayu, akan tetapi motif terbarunya juga sudah banyak menggunakan kaca dalam bingkai kayu maupun alumunium. Pintu ini memungkinkan masuknya cahaya tipis, tetapi memperluas privasi penghuni.

Furnitur Fleksibel

Furnitur-fleksibel

Furnitur adalah poin utama dalam membangun arsitektur rumah jepang, pemilihan furnitue yang tepat membuat ruangan tak sesak dan acak-acakan sehingga memperlihatkan keelokan material serta memantulkan cahaya alami. Tidak hanya itu, terkadang perabot jepang dietahkkan langsung di atas lantai, seperti futon, sofa lantai dan kursi. Hal ini membuat rumah bergaya jepang akan selalu kelihatan tertib dan rapi.

 

Desain Karakteristik Rumah Jepang

Berikut kami berikan beberapa desain rumah jepang sebagai inspirasi jika anda ingin merenovasi rumah anda menjadi rumah yang mempunyai karakter rumah jepang.

Ekterior

Desain-Rumah-Jepang-1 Desain-Rumah-Jepang-2 Desain-Rumah-Jepang-3 Desain-Rumah-Jepang-4 Desain-Rumah-Jepang-5

Interior

Desain-Interior-Rumah-Jepang-1 Desain-Interior-Rumah-Jepang-5 Desain-Interior-Rumah-Jepang-4 Desain-Interior-Rumah-Jepang-3 Desain-Interior-Rumah-Jepang-2

Itulah beberapa tips menarik seputar rumah Jepang, Apakah Anda tertarik untuk menerapkan konsep satu ini? Sekarang anda tidak perlu galau untuk mengonsep ulang rumah, karena telah banyak developer yang merekomendasi rumah bergaya jepang.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda ingin mesterilkan alat-alat anda bisa menggunakan mesin yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda dapat menghubungi dan bertanya langsung kepada kami melalui tombol di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *