Jenis Bakteri yang Terdapat Dalam Susu

jenis bakteri susu

Jenis bakteri susu – susu bagus diminum karena mempunyai beberapa kandungan gizi yang baik untuk tubuh. contohnya vitamin, protein, dan mineral. Apalagi beberapa ahli nutrisi mengatakan ditemukan kandungan bagus dalam susu yang tak dapat digantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Menariknya lagi ada beberapa kandungan beberapa bakteri yang terdapat dalam susu. Akan tetapi, pencinta susu tak perlu risau, bakteri ini adalah bakteri baik yang sangat baik untuk kesehatan, lebih-lebih memelihara kesehatan pencernaan anda. Apa saja bakteri baik yang terkandung di dalam susu dan apakah dapat menjaga kesehatan pencernaan?

Jenis Bakteri Susu

Lactobacillus

Pertama bakteri baik yang terkandung dalam susu ialah Lactobacillus. Anda pasti sudah tidak asing dengan nama bakteri yang satu ini, bakteri ini mempunyai manfaat untuk mencegah kanker. Hal tersebut karena bakteri ini dapat mematikan prokarsinogen dari dalam tubuh sambil membangkitkan sistem imun tubuh. Tetapi, yang perlu anda tahu bakteri lactobacillus memiliki beberapa jenis. Setiap jenis bakteri susu memiliki beberapa kelebihan masing-masing, berikut daftarnya:

Strain Lactobacillus Bulgariucus

Strain lactobacillus bulgariucus didapati bisa menekan kehidupan enzim b-glucuronidase. Bakteri baik ini bisa mencegah penyakit diare berat serta menurunkan tingkat keparahan dan waktu pencemaran rotavirus yang diderita anak maupun diare traveller yang menjangkit orang dewasa.

Lactobacillus Casei

Kedua yaitu Lactobacillus Casei jenis lain dari bakteri baik Lactobacillus. Bakteri ini bisa menekan perkembangan bakteri jahat yang berkembang biak dalam usus. Sehingga kesehatan sistim pencernaan anda bakal terjaga.

Lactobacillus Plantarum

Bakteri selanjutnya adalah Lactobacillus plantarum, jenis bakteri susu ini bisa memproduksi asam laktat dalam saluran pencernaan. Asam ini bisa mengurangi resiko perut kembung. Mikroba dalam susu dapat membantu menyerap antioksidan dan vitamin, racun makanan pun akan dimusnahkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Faktor inilah ketika keracunan makanan tertentu terkadang diberikan susu untuk menetralisir racun.

Baca Juga : Metode Sterilisasi dan Pasteurisasi Serta Perbedaannya

Lactobacillus Casei Shirota Strain

Bakteri ini sangat profitabel sistem pencernaan, Lactobacillus Casei Shirota Strain akan mematikan pertumbuhan bakteri jahat dengan meningkatkan asam dalam usus. Dengan begitu mikroba jahat dapat ditekan jumlahnya agar tak mengganggu kemampuan bakteri baik dalam usus.

Probiotik

Tidak hanya Lactobacillus, terdapat juga bakteri probiotik yang diharapkan sebagai bakteri baik dalam susu. Mikroba probiotik mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, lebih-lebih untuk kesehatan pencernaan. Keuntungan yang pertama adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Jika asupan susu banyak mengandung probiotik diberikan kepada anak sejak dini, maka resiko kenaikan berat badan berlebih dapat dihindarkan.
Hal ini sangat baik karena seperti yang pencinta susu ketahui kelebihan berat badan beresiko bisa mengundang sejumlah penyakit seperti hipertensi dan jantung. Menariknya lagi ternyata probiotik juga membantu menjaga mikrobiota usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah beberapa contoh jenis bakteri susu yang terdapat dalam susu sapi. Kami mempunyai mesin sterilisasi makanan dan mesin sterilisasi minuman. Cocok untuk anda yang mau membuka usaha dengan skala kecil dan menengah.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *