fakta tentang kopi

Fakta Tentang Kopi

Fakta tentang kopi di zaman sekarang, sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi orang Indonesia. Banyak orang yang mengklaim kalau dirinya tidak bisa hidup tanpa menenggak minuman berkafein ini. Saat ini, sudah banyak kedai kopi bermunculan di seluruh pelosok negeri. Kadang, ada pula orang yang sedang merasa stres memilih untuk minum kopi ketimbang pergi ke dokter.

Kopi tak sekadar sebuah minuman berwarna hitam pekat yang diseduh dan dituang dalam sebuah cangkir. Di balik nikmatnya kopi, ada sejarah panjang dan cerita-cerita yang sebelumnya tak kita ketahui. Berikut fakta kopi yang mungkin belum Anda ketahui :

Sangat mudah untuk kecanduan kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi, sehingga 100 miligram kafein sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jumlah ini setara dengan satu sampai dua cangkir kopi sehari. Padahal banyak orang yang biasa meminum kopi lebih dari itu dalam sehari.

Fakta waktu kerja kopi paling baik

Kopi bekerja paling baik pada pukul 09.30-11.30, Ini karena kadar kortisol (hormon yang mengontrol jam biologis tubuh) sedang turun sehingga dapat berinteraksi baik dengan kortisol. Jika Anda meminum kopi terlalu pagi, kadar kortisol masih tinggi sehingga menyebabkan efek kafein tidak terlalu bekerja.

Kopi mengandung nutrisi dan bisa membakar lemak

Dalam secangkir kopi terdapat vitamin B2 sebanyak 11 persen dari jumlah yang disarankan setiap harinya, 6 persen vitamin B5, dan 3 persen Mangan dan Kalium. Tetapi, lebih baik pilih kopi yang tanpa bahan kimia, dan juga dihidangkan dengan gula yang tidak berlebihan.

Kopi tersebut akan jauh lebih terasa nutrisinya. Beberapa studi juga membuktikan bahwa kafein dalam kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3 hingga 11 persen. Karena kafein memang suatu bahan kimia alami yang memiliki kekuatan untuk mendorong proses pembakaran lemak.

Jadi kopi itu baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Namun perlu diingat bahwa konsumsi kopi tersebut jangan menggunakan tambahan gula dan harus dikonsumsi dalam jumlah yang normal dan jangan berlebihan. Karena gula yang ditambahkan ke dalam kopi malah akan membuat manfaat kopi menjadi berkurang.

Manfaat Kopi Untuk Tubuh

Di dalam kopi ada banyak antioksidan yang bakal membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Hal itu juga yang membuat peminum kopi lebih rendah terkena risiko penyakit Parkinson yang belum ditemukan obatnya, Diabetes Tipe II dan masalah jantung tertentu.

Namun kebanyakan peminum kopi, sering memiliki kebiasaan yang tidak sehat, yaitu seperti merokok dan minum alkohol. Karena nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein.

Penelitian tersebut masih harus disesuaikan dengan faktor-faktor lain seperti olahraga, gaya hidup, dan pola makan. Selain itu kopi juga bisa memperkecil risiko penyakit Alzheimer dan demensia yang biasanya ditandai dengan melemahnya daya ingat, gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi dan juga berbahasa, yang biasanya di derita oleh orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas.

Bahkan dengan minum 4 cangkir kopi sehari, bisa membantu mengurangi 80 persen kemungkinan pengembangan sirosis, atau kondisi di mana berkembangnya beberapa penyakit yang mempengaruhi kesehatan hati.

Kafein bisa meningkatkan kadar adrenalin

Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin dan juga melepaskan asam lemak dari jaringan lemak di tubuh. Hal tersebut dapat memicu fisik dan mood yang baik sebelum seseorang berolahraga.

Begitulah beberapa fakta tentang kopi menurut Indofamco. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kepada kami dikolom komentar, agar konten indofamco lebih berkembang dan lebih baik lagi. Terima Kasih


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *