Dinding Partisi Rangka Baja Ringan

Dinding Partisi Baja Ringan

Dinding Partisi Baja Ringan merupakan faktor utama dalam sebuah arsitektur gedung, karena dapat menjadikan ruang-ruang dalam sebuah rumah sehingga penghuninya akan merasa nyaman, aman, serta terlindung privasinya. Selain itu dinding juga berperan sebagai peredam suara, penahan cuaca, serta memperindah ruangan.

Sebuah rumah terdiri atas dinding pembatas dan pendukung, yang bisa dilihat berdasarkan bahan pembuatannya. Terdapat dinding yang terbuat dari bata merah, beton, batuan alam, bahkan menggunakan papan gipsum. Saat ini Indofamco akan membicarakan perihal rangka dinding menggunakan baja ringan, dan bagaimana cara pemasangannya yang cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Yuk Mari kita simak!

Apasih Dinding Partisi Rangka Baja Ringan itu?

Partisi dari baja ringan menjadi pilihan terbaik untuk membatasi ruangan menjadi beberapa bagian. Bertentangan dengan dinding pada umumnya yang sifatnya stabil dan berperan untuk penopang. Terlebih, elemen ini bisa dipindah jika memang diperlukan.

Pemakaian baja ringan untuk dinding akan memberikan keuntungan, contohnya tidak gampang menyalurkan api, tahan karat, dan mudah dipasang. Tidak hanya itu, dinding berbahan baja ringan yang mempunyai tarikan tinggi akan membuat dinding mampu menahan material penutupnya dengan baik.

Jenis-Jenis Baja Ringan untuk Partisi

Macam-macam baja ringan yang berada di pasaran saat ini sangat beraneka ragam. Seperti yang kita bahas sebelumnya, baja ringan merupakan material berbahan dasar baja, akan tetaoi memiliki berat yang ringan. Baja ringan memiliki sifat yang kuat, material ini dapat digunakan untuk beraneka macam kebutuhan. Oleh karena itu, tidak heran jika motifnya pun sangat bermacam-macam. Berikut merupakan jenis baja ringan yang sering diaplikasikan untuk dinding

Baja ringan reng

Jenis baja ringan pertama ialah baja ringan reng, sangat berbeda dengan baja ringan lainnya yang terbuat dari karbon baja, baja ringan reng ini berbahan dasar galvalum. Keunikannya ialah motif yang mirip dengan bentuk trapesium atau huruf A. Dengan motif seperti itu, jenis ini dapat menahan beban berat.

Fungsi baja ringan untuk genting dinilai mempunyai ketahanan yang baik. Material satu ini dapat digunakan untuk dinding, dudukan genteng, sampai pengikat kuda-kuda atap. Produk ini terkadang dipilih karena mempunyai sifat yang tahan terhadap karat dan korosi. Tidak hanya itu, baja ringan ini juga bisa menyerap energi dengan baik sehingga dapat mmencegah beban rancang bangun tanpa harus terjadi kerusakan.

Baja ringan kaso

Baja ringan kaso merupakan jenis baja ringan yang berbahan dasar karbon baja yang mempunyai sifat kuat dan kaku. Tidak hanya untuk dinding saja, produk ini sering digunakan untuk kerangka mobil, peralatan listrik, sampai senjata api. Sifat baja ringan satu ini yaitu tahan karat karena berisi campuran aluminium dan senyawa lainnya yang bisa menahan terjadinya hubungan antara besi dan oksigen.

Baja ringan taso

Model yang terakhir ialah baja ringan taso, produkini memiliki rangka luar yang mirip balok berukuran kecil. Terkadang, baja ringan model ini digunakan bebarengan dengan baja ringan reng. Baja ringan taso bisa membalut baja ringan reng sehingga konstan pada tempatnya dan tak berpindah ketika menahan konstruksi.

Selain itu, taso juga dipakai untuk memperkokoh kuda-kuda atap, kuda-kuda atap bisa diikat dengan kuat. Baja ini juga kerap digunakan untuk memperkokoh gording, dengan menambahkan pada atap dapat membuat proses pemasangan permukaan atap bangunan menjadi lebih mudah.

Keuntungan Menggunakan Rangka Baja Ringan

  • Pemasangan mudah & cepat
  • Dapat ditambahkan insulasi termal
  • Rangka tahan kelembapan

Rangka baja ringan untuk partisi ini mudahdipasang, cukup dirakit dengan baut saja. Pastinya jadi lebih hemat waktu pemasangan serta dapat memasukkan insulasi termal atau suara, sehingga partisi bisa tetap kedap suara. Rangka baja ringan juga tidak mudah lapuk karena lembab, bisa lebih awet.

Jika menggunakan partisi dengan rangka baja ringan, kita dapat memakai papan yang ringan dan mudah dipasang. Contohnya papan gipsum, multiplek, atau papan fiber. Namun, cara memasang rangka baja ringan untuk partisi ini mirip dengan memasang rangka untuk plafon yang dijadikan vertikal saja. Baja ringan yang digunakan ialah baja ringan tipe U-renner dan kanal stud.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda ingin mesterilkan alat-alat anda bisa menggunakan mesin yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda dapat menghubungi dan bertanya langsung kepada kami melalui tombol di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *