Biofuel

Biofuel – Sumber Energi Alternatif

Bahan bakan hayati atau Biofuel adalah setiap bahan bakar atau padatang, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan – bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tiak langsung dari limbah industri, komersial, domestic atau pertanian.
Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung melalui limbah industry, komersial, domestic, atau pertanian. Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel, pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian). Fermentasi limbah basah tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas, atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester dan energy hutan.
Proses fermentasi menghasilkan dua tipe biofuel : alkohol dan ester. Bahan ini secara teori dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil, biofuel biasanya dicampurkan dengan bahan bakar fosil. Uni Eropa merencanakan 5,75 persen etanol yang dihasilkan dari gandum, bit, kentang atau jagung. Dari 5,75 persen etanol akan ditambahkan pada bahan bakar fosil pada tahun 2010 dan 20% pada tahun 2020.
Sekitar seperempat bahan bakar transportasi di Brazil tahun 2002 adalah etanol. Biofuel menawarkan kemungkinan memproduksi energy tanpa meningkatkan kadar karbon di armosfer karena berbagi tanaman yang digunakan untuk memproduksi biofuel mengurangi kadar karbondioksida di atmosfer, tidak seperti bahan bakar fosil yang mengembalikan karbon yang tersimpan dibawah permukaan tanah selama jutaan tahun ke udara. Dengan begitu biofuel lebih bersifat carbon neutral dan sedikit meningkatkan konsentrasi gas – gas rumah kaca di atmosfer ( meski timbul keraguan apakah keuntungan ini bisa dicapai di dalam prakteknya). Penggunaan biofuel mengurangi pula ketergantungan pada minya bumi serta meningkatkan keamanan energy.

Apasih Boifuel Itu?

Biofuel merupakan bahan bakar yang berasal dari minyak nabati, baik berupa biodiesel, bioethanol, maupun bio-oil. Biodesel dalam unsur kimianya merupakan alkil ester (metil, etil, isopropyl, dan sejenisnya) berasal dari asam – asam lemak, biasnya biodesel dihasilkan dari minyak kelapa sawit, minyak biji jarak, dan sebagainya. Biodesel umumnya dibuat melalui reaksi metabolisme atau etanolisis minya lemak nabati atau hewani dengan alkohol (methanol/etanol). Karena memiliki sifat fisika dan kimia yang mirip dengan BBM alternative yang memiliki potensi besar untuk memenuhi sebagian kebutuhan disel.
Penggunaan limbah biomassa untuk memproduksi energi mampu mengurangi berbagai permasalahan manajemen polusi dan pembuangan, mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, serta mengurangi emisi gas ruma kaca. Uni Eropa telah mempublikasi sebuah laporan yang menyoroti potensi energy bio yang berasal dari limbah untuk memberikan kontribusi bagi pengurangan pemanasan global. Laporan itu menyimpulkan bahwa pada tahun ini 19juta ton minya tersedia dari biomassa, 46% dari limbah bio, limbah perkotaan, residu pertanian, limbah perternakan, dan aliran limbah terbiodegradasi yang lain.
Tempat penampungan akhir sampah menghasilkan sejumlah gas karena limbah yang dipendam di dalamnya mengalami pencernaan anaerobic. Secara kolektif gas – gas ini dikenal sebgai landfill gas (LFG) atau gas tempat pembuangan akhir sampah. Landfill gas bisa dibakar baik secara langsung untuk menghasilkan panas atau menghasilkan listrik bagi konsumsi public. Landfill gas mengandung sekitar 50% metana, gas yang juga terdapat di dalam gas alam. Biomassa bisa berasal dari limbah materi tanaman. Gas dari tempat penampungan kotoran manusia yang memasuki atmosfer merupakan hal yang tidak diinginkan. Karena metana adalah salah satu gas rumah kaca yang potensil pemanasan globalnya melebihi karbondioksia.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *