meja kantor

Beberapa Jenis Meja Kantor yang Perlu Anda Pahami

Ada banyak sekali model serta ukuran meja kantor yang mempunyai bentuk dan kegunaan yang bermacam-macam. Anda dapat menyaksikannya bila datang ke perusahaan maupun kantor dengan banyak sekali macam-macam meja yang dipakai.
Sekarang indofamco akan membahas tentang jenis dan juga fungsi dari meja kantor yang belum diketahu banyak orang. Sebab meja kerja memiliki beberapa perbedaan kegunaan, fungsi serta tujuan penggunaannya. Hal ini dikarenakan setiap kantor memerlukan meja kantor untuk mengoptimalkan kenyamanan ketika bekerja.
Jenis meja dikondisikan dengan volume penggunanya, semakin banyak yang menggunakan maka akan semakin besar pula meja yang dibutuhkan. Berikut ini merupakan ulasan mengenai meja yang sering digunakan di kantor-kantor:

1. Meja Penerima Tamu

Meja penerima tamu sering anda temui di beberapa depan kantor seperti bank, hotel, sekolah dan tempat lainnya. Biasanya berupa meja panjang yang berfungsi pula untuk pembatas tembok atau ruang lain. Meja ini memiliki tinggi rata-rata 70 hingga 76 cm untuk menutuoi bagian tubuh pegawai saat berdiri.
Sedangkan untuk lebar meja bisa berbeda-beda sesuai kebutuhan anda, untuk standartnya berukuran 120 sampai 150 cm. Meja penerima tamu memiliki panjang sekitar 2 meter atau menyesuaikan dengan luas ruang yang ada.
Meja ini biasanya dibuat mengunakan bahan batu alam, kayu atau plastik. Bagian atas meja datar dan tidak menggunakan pembatas serta tidak mempunyai banyak laci. Hal ini bertujuan untuk tamu dapat menulis sambil berdiri maupun menunggu info dari pelayan dengan nyaman.

2. Meja Pentas

Meja pentas umumnya dipakai pada saat seseorang memberikan ceramah, pidato ataupun sambutkan. Desain Meja ini tak memiliki kursi seperti meja biasa, tetapi memiliki tempat untuk meletakkan mikrofon. Bahan yang digunakan untuk membuat meja ini adalah kayu, besi ringan atau kaca.
Terdapat beberapa variasi bentuk dari meja ini, namun yang paling banyak adalah model lebar di bagian atas dan bagian bawah yang mengecil. Meja ini memiliki tinggi ¼ ukuran pundak orang dewasa dan menutupi kaki juru bicara seluruhnya.

3. Meja Komputer

Meja komputer memiliki lebar yang dapata diatur sesuai dengan keinginan kita. Anda dapata meletakkan peralatan komputer di meja ini mulai dari monitor, keyboard, mouse, printer mapun speaker. Jenis meja standar mempunyai 4 kaki untuk menopang serta ada pula yang bergaya huruf u apabila peralatannya banyak.
Jenis ini mempunyai permukaan meja di sisi kanan, kiri dan depan, selain itu dapat memuat 2 komputer dalam 1 meja. Akan tetapi anda memerlukan ruang yang lapang untuk meja yang satu ini. Ada juga meja komputer yang bagian bawahnya memiliki tempat penyimpanan khusus.

4. Meja Bilik

Meja ini sering kita temukan di kantor startup maupun kantor yang sudah besar zaman sekarang. Sekat pada meja berfungsi untuk melindungi rahasia pekerja satu dengan yang lain. Terlebih ketika covid 19 melanda, adanya pembatas antar karyawan sangat membantu untuk mencegah penyebaran covid 19.
Beraneka macam model meja yang ditawarkan, mulai dari dilengkapi laci hingga bagian bawah kosong. Ukurannya juga beragam tergantung permintaan kantor atau pekerja yang menggunakan. Contohnya untuk pekerja sektor admin memerlukan banyak laci untuk menaruh berkas.
Pada tiap-tiap meja dilengkapi lampu tambahan untuk mengoptimalkan pencahayaan ketika ruangan gelap. Meja kantor yang cocok untuk pekerja di Indonesia ialah berukuran tinggi 70 cm sampai 75 cm dengan ketebalan 2,5 cm serta menggunakan lapisan particle board atau mdf.

5. Meja Rapat

Meja rapat memiliki bentuk oval maupun persegi panjang yang bertujuan untuk menampung banyak audien. Desain meja ini tak menggunakan laci sama sekali dan dapat diisi 4-6 orang. Panjang meja berkisar 100 cm sampai 150 cm dengan jarak 60 cm sampai 70 cm sehingga tidak berdekatan.
Bahan menggunakan kayu jati karena daya tahan serta cocok untuk waktu yang lama. Material yang digunakan tahan air, anti rayap dan sangat modern. Untuk desain oval menimbulkan suasana santai dan lebih akrab. Sedangkan persegi panjang terlihat kaki tetapi berkharisma.

6. Meja Manajer

Terakhir ada meja manajer dengan desain yang sangat berbeda dengan meja-meja lain. Desain yang ditawarkan lebih modern dengan dilengkapi kursi yang cocok untuk pimpinan perusahaan. Model meja yang kokoh dan kuat menandakan pemakainya mempunyai jabatan yang tinggi.
Ruang yang digunakan pun cukup luas sehingga meja bisa dipasang dimana saja sesuai kebutuhan pimpinan. Meja ini tidak memiliki banyak laci, hanya 3-5 saja dalam satu meja. Desain meja sangat beragam, ada yang mempunyai penyangga kaki atau laci penyimpanan.

Itulah penjelasan mengenai berbagai macam meja kantor beseerta ukuran yang umum digunakan pada kantor. Kita bisa memahami perbedaan, fungsi dan kegunaan dari masing-masing meja tersebut.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *