arang aktif

Arang & Sejuta Manfaat Yang Belum Diketahui

Arang aktif telah dipakai semenjak ratusan tahun yang lalu. Kebanyakan masyarakat dunia telah memakai arang untuk bahan bakar dalam mengolah makanan atau perapian. Namun, sekarang arang sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, sebab kini beralih menggunakan bahan bakar gas.
Terkadang arang digunakan ketika akan merayakan hari besar saja seperti idul kurban, tahun baru maupun hari besar lainnya. Sebab ketika acara seperti itu, terkadang banyak orang yang berkumpul untuk merayakan dengan pesta makanan atau memasak bersama.
arang mempunyai banyak variasi, tergantung dari bahan dasar yang dipakai untuk membuatnya. Bahan dasar pembuatan arang biasanya menggunakan kayu bakar ataupun batok kelapa. Akan tetapi, varian arang yang sering dipakai ialah arang batok kelapa, sebab memiliki daya tahan yang baik serta proses pembakaran yang maksimal.
Arang sendiri mempunyai banyak sekali kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah keuntungan dari arang? Berikut ini merupakan beberapa diantaranya :

Memurnikan Air

Walaupun mempunyai warna yang gelap, akan tetapi rupanya sangat menguntungkan untuk memurnikan air. Air kotor dan keruh dapat dimurnikan dengan memakai arang serta bubuknya. Teknik ini sangat mudah, yaitu dengan memakai arang untuk filter air yang koot saja.
Selain itu anda dapat meracik air dengan bubuk arang, lantas tunggu sampai air jernih dan arang mengendap. Keadaan ini bisa terjadi sebab kegunaan arang untuk filtrasi air mempunyai sifat dasar yang mampu meresap unsur yang mengakibatkan air menjadi kotor.

Memurnikan Udara

Selain memurnikan air, arang juga mempunyai kegunaan untuk memurnikan udara. Caranya dengan menggantung bubuk arang di tempat yang mempunyai udara kotor, atau anda dapat menempatkan arang pada udara terbuka. Karakter alami arang yang bisa menyerap unsur berbahaya sangat ampuh untuk memurnikan serta memperbaiki kondisi udara.

Meminimalisir aroma kurang sedap

Benda satu ini memiliki kegunaan untuk meminimalisir serta mencegah aroma kurang sedap pada makanan maupun udara. Fungsi arang sebagai absorbsi sangat luar biasa hebat, yang bisa absorbsi beraneka macam kuman dan bakteri yang menimbulkan aroma kurang sedap pada udara dan makanan.
Tak hanya meminimalisir aroma kurang sedap pada udara dan makanan, anda bisa menggunakan arang untuk mengurangi bau pada mulut. Umumnya aroma mulut yang kurang enak dikarenakan oleh kurangnya kebersihan mulut dan dampak makanan yang telah dimakan. Anda bisa memakai arang untuk meminimalisir bau pada mulut.
Caranya dengan berkumur memakai air yang dicampur dengan bubuk arang. Tak perlu risau, hasil riset membuktikan bahwa arang aman untuk dimakan langsung atau dilarutkan dengan air.

Mampu Menyerap Luka

Bahan dasar arang ialah karbon yang mempunyai banyak keunggulan untuk kesehatan, terlebih jika diaktifkan. Arang aktif terkadap diperoleh dari pemanasan arang dengan suhu tinggi menjadi serbuk halus serta mempunyai daya serap tinggi.
Untuk masalah luka dan cara penyembuhannya, arang mampu memberikan faedah pada bagian itu. Sifat arang yang memiliki daya serap tinggi, unsur-unsur dalam arang bisa menyerap kuman, racun, serta bakteri pada luka. Dengan demikian bisa membantu proses penyembuhan dengan cepat.
Beberapa penelitian mengamati keuntungan dari arang aktif sebagai susunan tambahan saat pemulihan luka berat. Terselip faedah pada pemanfaatan lapisan arang aktif yang mampu mengabsorb darah serta racun yang bisa menghambat pemulihan luka.
Namun, harus anda pahami bahwa lapisan ini adalah lapisan yang sudah dipack khusus untuk dipakai pada luka sehingga bisa aman dipakai. Tidak diperbolehkan untuk memasang arang langsung ke bagian kulit yang terluka sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan infeksi pada kulit.

Arang Aktif (Activated Charcoal)

Setelah memahami manfaat arang, kita akan memaparkan apa itu arang aktif atau Activated Charcoal. Arang aktif adalah arang yang telah melalui berbagai macam proses sehingga menciptakan arang steril. Sistem kerja arang ini yaitu dengan menangkap semua jenis zat toksin sehingga banyak digunakan untuk kedokteran atau produk kosmetik. Semenjak World War 1, tentara USA memakai arang aktif pada masker agar meminimalisir keracunan gas yang diberikan musuh.
Bahan ini mempunyai pori-pori pada permukaan sehingga mempunyai kelebihan untuk menahan dan mengabsorb zat ada pada bagian itu. Malahan mampu mengabsorb zat berbahaya sampai berkali lipat dari massa bahan ini.

Selepas anda memahami apa yang dimaksud arang murni, kami akan menjelaskan tentang keutamaan dari bahan ini. Tidak disarankan menggunakan arang biasa karena arang murni sudah melalui proses pemanasan serta pemurnian. Berikut beberapa keutamaan menggunakan arang aktif :

1. Mengobati Gigitan Hewan

Beberapa riset menyatakan bahwa arang aktif dapat mengobati gigitan hewan yang memiliki racun. Hewan tersebut antara lain berbagai jenis serangga seperti lebah, semut, laba-laba hingga ular berbisa sekalipun. Arang aktif akan menyerap racun dari hewan tersebut dengan cepat.

2. Memulihkan Jerawat

Kedua arang aktif dapat membantu dalam memulihkan jerawat yang ada pada bagian wajah anda. Sekarang telah tersedia arang aktif dalam kemasan kapsul. Anda bisa memakai bahan ini dengan mencampurnya dengan air mawar maupun lidah buaya agar khasiatnya lebih maksimal.
Pakai racikan tersebut untuk membersihkan wajah dari jerawat yang membandel. Tak perlu risau, meskipun terbuat dari arang serta warnanya yang gelap, bahan ini tak akan menjadikan kulit menjadi hitam.

3. Mengobati Keracunan

Orang yang mengalami keracunan dapat diselamatkan nyawanya dengan menggunakan arang aktif. Keunggulan arang aktif yang dapat menyerap zat berbahaya sangat menunjang untuk seseorang yang sedang keracunan.
Selain itu arang murni dapat menyelamatkan orang yang terkena dosis berlebih. Contohnya kelebihan dosis obat-obatan terlarang, keracunan pestisida, serta keracunan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik.
Wajib anda pahami bahwa tak semua keracnan bisa ditangani memakai arang aktif ini. Kegunaan bahan ini tak akan berguna untuk keracunan alkohol, arsenik, besi dan metal, serta varian asam yang dapat langsung masuk ke tubuh dengan cepat.

4. Memutihkan Gigi & Kulit

Bila anda menyangka unsur yang memiliki warna hitam tak dapat dipakai untuk memutihkan, opini anda salah. Anda dapat memakai arang biasa namun jauh lebih baik bila anda memakai arang aktif untuk memutihkan gigi.
Arang yang digunakan untuk kesehatan gigi ialah yang berbentuk serbuk maupun arang aktif yang ada pada pasta gigi. Pakai secara tertib supaya hasilnya bisa maksimal, akan tetapi bila sering dugunakan akan merusak enamel gigi.
Pakai secukupnya maksimal 2x seminggu agar tidak merusak enamel gigi anda. Anda wajib memahami masalah gigi anda, terlebih masalah gigi sensitif. Sebab bila anda memiliki gigi sensitif tidak diperkenankan untuk memakai arang aktif untuk memutihkan gigi.
Selain untuk memutihkan gigi, arang aktif dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Caranya dengan menggunakan arang aktif sebagai scrub ketika mandi. Sekarang banyak produk perawatan yang memakai arang aktif dalam komposisi bahannya. Bahan ini dinilai efektif dalam membersihkan dan mencerahkan kulit.

5. Meminimalisir Gerd

Bila perut anda berasa kembung, anda dapat menggunakan arang aktif untuk mengurangi gas yang ada pada perut anda. Gas tersebut terkadang bisa diakibatkan oleh makanan dan minuman seperti cola, biji-bijan, produk susu dan lain sebagainya.
Tak hanya kembung saja, arang aktif dapat meminimalisir muntah serta mual. Namun wajib anda pahami, bahan ini tak diperkenankan digunakan setiap hari. Anda bisa menggunakan sesekali ketika kondisi anda memang memerlukan bantuan dari bahan ini.

6. Detoks tubuh

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa arang aktif dapat menyerap zat berbahaya dengan baik, itulah sebabnya bahan ini dapat digunakan untuk mendetoks racun dalam tubuh. Anda dapat menggunakan seminggu sekali dengan cara mengkonsumsinya langsung.
Anda wajib berkonsultasi dengan tenaga medis dalam menggunakan bahan ini ketika anda ingin mengkonsumsinya. Sebab bila berlebihan maka anda akan mengalami sembelit, sedangkan bila anda memakainya sedikit maka manfaatnya tidak bekerja dengan baik.
Selain untuk detoks tubuh, bahan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Banyak yang telah mencobanya dan hasilnya sangat efektif dalam mengeluarkan racun serta kotoran. Tubuh anda menjadi lebih segar dan bersemangat untuk melakukan aktifitas harian.

7. Menyuburkan Rambut

Setelah tubuh mendetoks racun pada tubuh kita, akan ada pengaruh pada kesehatan rambut kita. Dengan melakukan detoks memakai arang aktif anda secara tidak langsung terbebas dari zat merugikan.
Hal ini yang menjadikan detok dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Sebab bahan ini membantu tubuh anda mengeluarkan racun dengan lebih baik. Sama halnya dengan beberapa unsur alami yang bisa menyehatkan rambut.

Dampak Pemakaian Arang

Meskipun yang anda pakai adalah arang murni, tetapi terdapat berbagai hal yang patut anda perhatikan bila anda memakai bahan ini terlebih untuk dikonsumsi. Hal yang wajib diperhatikan tentang arang aktif sebagai berikut:
– Memakai arang murni dengan dikonsumsi terus menerus bisa menjadikan sembelit, mual, hingga diare.
– Selain dampak pada poin sebelumnya, bahan ini bisa menyebabkan warna gigi dan lidah menghitam.
– Bisa mengakibatkan kontradiksi elektrolit bila arang dikonsumsi bebarengan dengan obat.
– Mampu meminimalisir penyerapan obat
– Tidak diperkenankan mengkonsumsi arang murni sebagai vitamin, sebab bisa menyebabkan nutrisi tidak terserap tubuh.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin pertanian yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

telepon indofamco whatsapp indofamco

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *