Ada Apa dengan Facebook Grup yang Down Kemarin?

facebook grup

Facebook grup beberapa hari lalu sempat mengalami down atau error. Untuk pengguna WhatsApp mengalami kendala dalam mengirim dan menerima chat, percakapan suara atau video. Hal tersebut berangsur pulih setelah down selama 8 jam tersebut.

Santosh Janardhan selaku Vice President Infrastructure Facebook mengungkapkan bahwa penyebab tiga aplikasi ini down (tak bisa diakses) karena perubahan konfigurasi pada router yang mengakomodasi lalu lintas jaringan ke pusat data.

Facebook mengungkapkan penyebab gangguan atau down (tak bisa diakses) besar-besaran Whatsapp, Instagram, dan Facebook hingga enam jam pada Senin (4/10) malam, akibat perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data. Gangguan ini memiliki efek berjenjang pada pusat data, sehingga menghentikan layanan facebook, instagram, dan whatsapp.

Hal tersebut mempengaruhi banyak device dan sistem yang digunakan facebook dalam pengoperasian sehari-hari, sehingga mempersulit tim facebook dalam mendiagnosis dan menyelesaikan masalah BGP. BGP adalah sistem yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas data ke tempat yang ingin dituju. Menunjukkan jalan dan memastikan data anda sampai adakah tugas dari BGP.

Selain menerangkan tentang permasalahan sistem Santosh Janardhan juga meminta maaf kepada seluruh pengguna aplikasi dan akan segera memulihkan akses dan layanan. Dia juga tidak lupa untuk berterima kasih karena pengguna sudah melaporkan kejadian ini secepat mungkin.

Dengan adanya masalah ini membuat facebook grup mengalami kerugian sebesar $545 ribu/jam. Hal ini menjadi pukulan telak bagi perusahaan setelah 2019 yang membuat facebook offline selama beberapa jam.
Bahkan beberapa pelapor menuduh facebook grup lebih mementingkan keuntungan daripada menekan informasi hoax dan ujaran kebencian.

Keuntungan didapat telegram dan signal dengan errornya facebook grup. Mereka mengklaim bahwa ada kenaikan pengguna baru setelah facebook grup error. Banyaknya pengguna baru tersebut membuat server telegram melambat.

Akhirnya pihak telegram menyampaikan permintaan maaf karena mengalami kelambatan dalam mengakses aplikasinya. Menurutnya hanya segelintir saja pengguna telegram yang terkena dampak melambatnya akses aplikasi.


Terima kasih telah mengunjungi website kami. Jika Anda telah tertarik dengan mesin yang kami tawarkan dan mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalian dapat menghubungi dan bertanya apapun kepada kami melalui tombol di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *